Kode Mata KuliahPP3103 / 3 SKS
Penyelenggara119 - Postharvest Technology / SITH
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahTeknologi Pengemasan Produk Pasca PanenPostharvest Products Packaging Technologies
Bahan Kajian
  1. Jenis-jenis bahan kemasan
  2. Interaksi produk pasca panen dengan bahan pengemas
  3. Teknologi Pengemasan Advance
  4. Teknologi pengemasan produk pertanian dan perikanan
  1. Types of packaging materials
  2. Post-harvest product interactions with packaging materials
  3. Packaging TechnologyAdvance
  4. Agricultural and fishery product packaging technology
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mahasiswa mampu menguasai konsep-konsep dasar pengemasan produk pascapanen hasil pertanian, perikanan, maupun kehutanan
  2. Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang interaksi antara produk pascapanen dengan bahan kemasan serta mengetahui daya tahan produk yang dikemas, dan pengendalian kualitas produk yang dikemas
  3. Mahasiswa mengetahui jenis-jenis bahan pengemas, karakteristik bahan pengemas, dan proses pengemasan produk pascapanen
  4. Mahasiswa memiliki kemampuan untuk mengaplikasikan ilmu dasar teknologi pengemasan untuk memperpanjang daya simpan produk pascapanen segar
  5. Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang pelabelan produk dan mampu mengaplikasikannya di dalam kegiatan pengemasan produk pascapanen
  6. Mahasiswa mampu menyusun makalah dan mempresentasikannya
  7. Mahasiswa mampu bekerja mandiri dan di dalam kelompok untuk mengerjakan tugas
  8. Mahasiswa mampu bekerja di dalam kelompok untuk melaksanakan percobaan
  1. Students are able to master the basic concepts of packaging post-harvest products from agriculture, fisheries and forestry
  2. Students have knowledge about the interaction between post-harvest products and packaging materials and know the durability of packaged products and quality control of packaged products
  3. Students know the types of packaging materials, characteristics of packaging materials, and the post-harvest product packaging process
  4. Students have the ability to apply basic knowledge of packaging technology to extend the shelf life of fresh post-harvest products
  5. Students have knowledge about product labeling and are able to apply it in post-harvest product packaging activities
  6. Students are able to compose papers and present them
  7. Students are able to work independently and in groups to complete assignments
  8. Students are able to work in groups to carry out experiments
Metode PembelajaranKombinasi ceramah, diskusi antar kelompok, pembelajaran berbasis masalah, dan diskusi interaktif di kelasA combination of lectures, inter-group discussions, problem-based learning, and interactive discussions in class
Modalitas PembelajaranVisual, auditorial, verbal, kinestetik, sosial interpersonalVisual, auditory, verbal, kinesthetic, social interpersonal
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianUjian tertulis, tugas, dan praktikumWritten exams, assignments and practicals
Catatan Tambahan