Kode Mata KuliahBA4096 / 3 SKS
Penyelenggara114 - Agricultural Engineering / SITH
KategoriFinal Project / Thesis / Dissertation
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahPenelitian Produksi BiomassaBiomass Production Research
Bahan Kajian
  1. Desain Penelitian
  2. Seminar Rancangan Penelitian
  3. Pelaksanaan Penelitian
  1. Research design
  2. Research Design Seminar
  3. Research Implementation
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mampu menjelaskan prinsip-prinsip matematika dan ilmu pengetahuan alam terkait penelitian yang dirancang.
  2. Mampu menjelaskan prinsip teknologi informasi dan prinsip dasar rekayasa terkait penelitian yang dirancang.
  3. Mampu menerapkan pengetahuan matematika dan ilmu pengetahuan alam untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip rekayasa pertanian terkait penelitian yang dirancang.
  4. Mampu menerapkan pengetahuan teknologi informasi untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip rekayasa pertanian.
  5. Mampu menerapkan prinsip-prinsip biosains dan ilmu pertanian untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip rekayasa pertanian.
  6. Mampu menerapkan prinsip rekayasa untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip rekayasa pertanian.
  7. Mampu merancang sistem produksi pertanian terpadu dengan memanfaatkan sumberdaya hayati
  8. Mampu menerapkan metode dan prinsip rekayasa untuk memenuhi kebutuhan yang ditentukan dengan mempertimbangkan aspek teknik, ekonomi, sosial, dan lingkungan secara berkelanjutan
  9. Mampu mengidentifikasi dan melaksanakan eksperimen laboratorium dan/atau lapangan untuk memperkuat penilaian rekayasa pertanian secara presisi.
  10. Mampu menganalisis data untuk memperkuat penilaian rekayasa pertanian secara presisi.
  11. Mampu menyimpulkan data untuk memperkuat penilaian rekayasa pertanian secara presisi.
  12. Mampu memilih metode dan/atau alat berdasarkan kekuatan dan batasan metode dan/atau alat terkait untuk memecahkan permasalahan pada rekayasa pertanian.
  13. Mampu menggunakan dan menyesuaikan metode dan/atau alat terhadap permasalah spesifik pada rekayasa pertanian
  14. Mampu merancang eksperimen laboratorium dan/atau lapangan untuk memperkuat penilaian rekayasa pertanian secara presisi.
  15. Mampu menggunakan teknik dan metode perekayasaan untuk mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan rekayasa pertanian.
  16. Mampu mengaplikasikan kemampuan berpikir logis untuk menganalisis permasalahan pada rekayasa pertanian secara presisi.
  17. Mampu menggunakan pemikiran kreatif dan inovatif untuk memecahkan permasalahan pada rekayasa pertanian
  18. Mampu merencanakan dan menyiapkan presentasi
  19. Mampu melaksanakan presentasi dan berdiskusi secara efektif
  20. Mampu membuat dan menyelesaikan laporan/tugas secara tertulis.
  21. Mampu merencanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi tugas dalam tim
  22. Mampu berpartisipasi aktif dalam diskusi dengan tim
  23. Mampu meringkas dan menyimpulkan hasil diskusi kelompok
  24. Mampu menjelaskan peran, tanggungjawab dan etika profesi perekayasa
  25. Mampu membuat keputusan berdasarkan tanggung jawab etika profesi dalam memecahkan permasalahan pertanian
  26. Mampu menjelaskan dampak teknologi rekayasa pertanian terhadap kesejahteraan masyarakat, keamanan lingkungan, dan pembangunan berkelanjutan.
  27. Mampu belajar secara mandiri dan berkelanjutan melalui kegiatan perkuliahan dan eksperimen.
  28. Mampu mengumpulkan informasi dari berbagai sumber secara efisien dan efektif
  29. Mampu mendiskusikan isu-isu terkini yang berkaitan dengan bidang rekayasa
  1. Able to explain the principles of mathematics and natural sciences related to the research being designed.
  2. Able to explain the principles of information technology and basic engineering principles related to the research being designed.
  3. Able to apply knowledge of mathematics and natural sciences to gain a thorough understanding of agricultural engineering principles related to the research being designed.
  4. Able to apply knowledge of information technology to gain a thorough understanding of agricultural engineering principles.
  5. Able to apply the principles of bioscience and agricultural science to gain a thorough understanding of the principles of agricultural engineering.
  6. Able to apply engineering principles to gain a thorough understanding of agricultural engineering principles.
  7. Able to design an integrated agricultural production system by utilizing biological resources
  8. Able to apply engineering methods and principles to meet specified needs by considering technical, economic, social and environmental aspects in a sustainable manner.
  9. Able to identify and conduct laboratory and/or field experiments to strengthen precision agricultural engineering assessments.
  10. Able to analyze data to strengthen precision agricultural engineering assessments.
  11. Able to summarize data to strengthen precise agricultural engineering assessments.
  12. Able to select methods and/or tools based on the strengths and limitations of the related methods and/or tools to solve problems in agricultural engineering.
  13. Able to use and adapt methods and/or tools to specific problems in agricultural engineering.
  14. Able to design laboratory and/or field experiments to strengthen precision agricultural engineering assessments.
  15. Able to use engineering techniques and methods to identify and formulate agricultural engineering problems.
  16. Able to apply logical thinking skills to analyze problems in agricultural engineering with precision.
  17. Able to use creative and innovative thinking to solve problems in agricultural engineering.
  18. Able to plan and prepare presentations.
  19. Able to carry out presentations and discussions effectively.
  20. Able to create and complete reports/assignments in writing.
  21. Able to plan, complete and evaluate tasks in a team.
  22. Able to actively participate in discussions with the team.
  23. Able to summarize and conclude the results of group discussions.
  24. Able to explain the roles, responsibilities and ethics of the engineering profession.
  25. Able to make decisions based on professional ethical responsibilities in solving agricultural problems.
  26. Able to explain the impact of agricultural engineering technology on community welfare, environmental security, and sustainable development.
  27. Able to learn independently and continuously through lectures and experiments.
  28. Able to collect information from various sources efficiently and effectively.
  29. Able to discuss current issues related to engineering.
Metode PembelajaranCeramah, Diskusi kelompok, Pembelajaran berbasis Masalah/Studi KasusLecture, Group Discussion, Problem Based Learning/Case Study
Modalitas PembelajaranLuring Sinkron Bauran/Daring AsinkronSynchronous Offline, Asynchronous Online/Blended
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianKuis, Tugas Kelompok, UTS, UASQuiz, Group Assignment, Mid-Term Exam, Final Exam
Catatan Tambahan