Kode Mata Kuliah | BA4097 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 114 - Agricultural Engineering / SITH |
---|
Kategori | Final Project / Thesis / Dissertation |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Penulisan Laporan Penelitian dan Seminar | Thesis Writing and Seminar |
---|
Bahan Kajian | - Penulisan Laporan Penelitian
- Pelaksanaan Seminar
| - Writing Research Reports
- Implementation of the Seminar
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu mengidentifikasi dan melaksanakan eksperimen laboratorium dan/atau lapangan untuk memperkuat penilaian rekayasa pertanian secara presisi.
- Mampu menganalisis data untuk memperkuat penilaian rekayasa pertanian secara presisi.
- Mampu menyimpulkan data untuk memperkuat penilaian rekayasa pertanian secara presisi.
- Mampu memilih metode dan/atau alat berdasarkan kekuatan dan batasan metode dan/atau alat terkait untuk memecahkan permasalahan pada rekayasa pertanian.
- Mampu menggunakan dan menyesuaikan metode dan/atau alat terhadap permasalah spesifik pada rekayasa pertanian
- Mampu merancang eksperimen laboratorium dan/atau lapangan untuk memperkuat penilaian rekayasa pertanian secara presisi.
- Mampu menggunakan teknik dan metode perekayasaan untuk mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan rekayasa pertanian.
- Mampu mengaplikasikan kemampuan berpikir logis untuk menganalisis permasalahan pada rekayasa pertanian secara presisi.
- Mampu menggunakan pemikiran kreatif dan inovatif untuk memecahkan permasalahan pada rekayasa pertanian
- Mampu merencanakan dan menyiapkan presentasi
- Mampu melaksanakan presentasi dan berdiskusi secara efektif
- Mampu membuat dan menyelesaikan laporan/tugas secara tertulis.
- Mampu merencanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi tugas dalam tim.
- Mampu berpartisipasi aktif dalam diskusi dengan tim.
- Mampu meringkas dan menyimpulkan hasil diskusi kelompok.
- Mampu menjelaskan peran, tanggungjawab dan etika profesi perekayasa.
- Mampu membuat keputusan berdasarkan tanggungjawab etika profesi dalam memecahkan permasalahan pertanian
- Mampu menjelaskan dampak teknologi rekayasa pertanian terhadap kesejahteraan masyarakat, keamanan lingkungan, dan pembangunan berkelanjutan.
- Mampu belajar secara mandiri dan berkelanjutan melalui kegiatan perkuliahan dan eksperimen.
- Mampu mengumpulkan informasi dari berbagai sumber secara efisien dan efektif.
- Mampu mendiskusikan isu-isu terkini yang berkaitan dengan bidang rekayasa.
| - Able to identify and conduct laboratory and/or field experiments to strengthen precision agricultural engineering assessments.
- Able to analyze data to strengthen precision agricultural engineering assessments.
- Able to summarize data to strengthen precise agricultural engineering assessments.
- Able to select methods and/or tools based on the strengths and limitations of the related methods and/or tools to solve problems in agricultural engineering.
- Able to use and adapt methods and/or tools to specific problems in agricultural engineering.
- Able to design laboratory and/or field experiments to strengthen precision agricultural engineering assessments.
- Able to use engineering techniques and methods to identify and formulate agricultural engineering problems.
- Able to apply logical thinking skills to analyze problems in agricultural engineering with precision.
- Able to use creative and innovative thinking to solve problems in agricultural engineering.
- Able to plan and prepare presentations.
- Able to carry out presentations and discussions effectively.
- Able to create and complete reports/assignments in writing.
- Able to plan, complete and evaluate tasks in a team.
- Able to actively participate in discussions with the team.
- Able to summarize and conclude the results of group discussions.
- Able to explain the role, responsibilities and ethics of the engineering profession.
- Able to make decisions based on professional ethical responsibilities in solving agricultural problems.
- Able to explain the impact of agricultural engineering technology on community welfare, environmental security, and sustainable development.
- Able to learn independently and continuously through lectures and experiments.
- Able to collect information from various sources efficiently and effectively.
- Able to discuss current issues related to engineering.
|
---|
Metode Pembelajaran | Ceramah, Diskusi kelompok, Pembelajaran berbasis Masalah/Studi Kasus | Lecture, Group Discussion,
Problem Based Learning/Case Study |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring Sinkron
Bauran/Daring Asinkron | Synchronous Offline, Asynchronous Online/Blended |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Kuis, Tugas Kelompok, UTS, UAS | Quiz, Group Assignment, Mid-Term Exam, Final Exam |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|