Kode Mata KuliahBA3221 / 2 SKS
Penyelenggara114 - Agricultural Engineering / SITH
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahPenginderaan Jauh dan SIGRemote Sensing and GIS
Bahan Kajian
  1. Penginderaan jauh (remote sensing): prinsip dasar, sensor inderaja, dan interpretasi citra
  2. Sistem informasi geografis (Geographic Information System): prinsip dasar, manajemen dan pengolahan data spasial
  3. Aplikasi penginderaan jauh dan SIG dalam pengelolaan lahan dan praktik pertanian
  1. Remote sensing: basic principles, remote sensing sensors, and image interpretation
  2. Geographic Information System (GIS): basic principles, spatial data management, and processing
  3. Applications of remote sensing and GIS in land management and agricultural practices
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mampu menerapkan pengetahuan teknologi informasi untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip penginderaan jauh dan SIG.
  2. Mampu menerapkan prinsip rekayasa untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip penginderaan jauh dan SIG.
  3. Mampu menggunakan teknik dan metode penginderaan jauh dan SIG untuk mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan rekayasa pertanian.
  4. Mampu mengaplikasikan kemampuan berpikir logis untuk menganalisis permasalahan pada penginderaan jauh dan SIG.
  5. Mampu menggunakan pemikiran kreatif dan inovatif untuk memecahkan permasalahan penginderaan jauh dan SIG.
  1. Able to apply information technology knowledge to gain a comprehensive understanding of the principles of remote sensing and GIS.
  2. Able to apply engineering principles to gain a comprehensive understanding of the principles of remote sensing and GIS.
  3. Able to use remote sensing and GIS techniques and methods to identify and formulate agricultural engineering problems.
  4. Able to apply logical thinking skills to analyze problems in remote sensing and GIS.
  5. Able to use creative and innovative thinking to solve problems in remote sensing and GIS.
Metode PembelajaranCeramah, Diskusi kelompok, Pembelajaran berbasis Masalah/Studi KasusLecture, Group Discussion, Problem Based Learning/Case Study
Modalitas PembelajaranLuring Sinkron Bauran/Daring AsinkronSynchronous Offline, Asynchronous Online/Blended
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianNilai huruf (sistem A, AB, B, BC, C, D, E) berdasarkan ujian (UTS dan UAS), kuis, tugas (individu dan kelompok), dan presentasi.Letter grades (A, AB, B, BC, C, D, E system) are based on exams (mid-term and final exams), quizzes, assignments (individual and group), and presentations.
Catatan Tambahan