Kode Mata KuliahBA3205 / 2 SKS
Penyelenggara114 - Agricultural Engineering / SITH
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahTeknik Mendeteksi Hama dan PenyakitPest and Disease Detection Techniques
Bahan Kajian
  1. Konsep Organisme Pengganggu Tanaman
  2. Metode deteksi Organisme Pangganggu Tanaman
  3. PCR konvensional
  4. Real-time PCR
  5. Loop-mediated isothermal amplification
  6. DNA barcoding untuk patogen penyebab penyakit tanaman
  7. DNA barcoding untuk identifikasi hama golongan invertebrata
  8. Microarrays
  9. Next-generation sequencing
  10. Jaminan kualitas untuk pengujian secara molekuler
  11. Metode-metode deteksi lain
  1. Concept of Plant Pest Organisms
  2. Plant Pest Detection Methods
  3. conventional PCR
  4. Real-time PCR
  5. Loop-mediated isothermal amplification
  6. DNA barcodes for plant disease-causing pathogens
  7. DNA barcoding for identification of invertebrate pests
  8. Microarrays
  9. Next-generation sequencing
  10. Quality assurance for molecular testing
  11. Other detection methods
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mampu menerapkan prinsip-prinsip biosains dan ilmu pertanian untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip teknik mendeteksi hama dan penyakit.
  2. Mampu menganalisis data untuk memperkuat penilaian teknik mendeteksi hama dan penyakit secara presisi.
  3. Mampu memilih metode dan/atau alat berdasarkan kekuatan dan batasan metode dan/atau alat terkait untuk mendeteksi hama dan penyakit.
  1. Able to apply the principles of bioscience and agricultural science to gain a thorough understanding of the principles of pest and disease detection techniques.
  2. Able to analyze data to strengthen technical assessments to detect pests and diseases precisely.
  3. Able to select methods and/or tools based on the strengths and limitations of the related methods and/or tools to detect pests and diseases.
Metode PembelajaranCeramah, Diskusi kelompok, Pembelajaran berbasis Masalah/Studi KasusLectures, Group Discussions, Problem Based Learning/Case Studies
Modalitas PembelajaranLuring Sinkron, Bauran/Daring AsinkronSynchronous Offline, Asynchronous Mixed/Online
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianKuis, Tugas Kelompok, UTS, UASQuiz, Group Assignment, Mid-Term Exam, Final Exam
Catatan Tambahan