Kode Mata KuliahBA4201 / 2 SKS
Penyelenggara114 - Agricultural Engineering / SITH
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahRekayasa AkuakulturAquaculture Engineering
Bahan Kajian
  1. Aspek umum akuakultur
  2. Teknik kultur pembenihan (hatchery)
  3. Teknik kultur pembesaran (grow out)
  4. Manajemen kualitas air
  5. Sistem zero water discharge (ZWD)
  6. Sistem resirkulasi akuakultur (Recirculating Aquaculture System / RAS)
  7. Teknologi Bioflok
  8. Transpor internal dan grading
  9. Transportasi ikan hidup
  10. Monitoring dan kontrol
  11. Desain dan konstruksi fasilitas akuakultur dan perencanaan fasilitas akuakultur
  1. General Aspects of Aquaculture
  2. Hatchery Culture Techniques
  3. Grow Out Culture Techniques
  4. Water Quality Management
  5. Zero Water Discharge (ZWD) System
  6. Recirculating Aquaculture System (RAS)
  7. Biofloc Technology
  8. Internal Transport and Grading
  9. Live Fish Transportation
  10. Monitoring and Control
  11. Aquaculture Facility Design and Construction and Aquaculture Facility Planning
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mampu menerapkan prinsip-prinsip biosains dan ilmu pertanian untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip rekayasa akuakultur.
  2. Mampu merancang sistem produksi akuakultur dengan memanfaatkan sumberdaya hayati
  3. Mampu menerapkan metode dan prinsip rekayasa akuakultur dengan mempertimbangkan aspek teknik, ekonomi, sosial, dan lingkungan secara berkelanjutan
  4. Mampu menggunakan teknik dan metode perekayasaan untuk mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan rekayasa akuakultur.
  5. Mampu mengaplikasikan kemampuan berpikir logis untuk menganalisis permasalahan pada rekayasa akuakultur secara presisi.
  6. Mampu menggunakan pemikiran kreatif dan inovatif untuk memecahkan permasalahan pada rekayasa akuakultur
  1. Able to apply the principles of bioscience and agricultural science to gain a comprehensive understanding of the principles of aquaculture engineering.
  2. Able to design aquaculture production systems utilizing biological resources.
  3. Able to apply aquaculture engineering methods and principles considering technical, economic, social, and environmental aspects sustainably.
  4. Able to use engineering techniques and methods to identify and formulate aquaculture engineering problems.
  5. Able to apply logical thinking skills to precisely analyze problems in aquaculture engineering.
  6. Able to use creative and innovative thinking to solve problems in aquaculture engineering.
Metode PembelajaranCeramah, Diskusi kelompok, Pembelajaran berbasis Masalah/Studi KasusLectures, Group discussions, Problem-Based Learning/Case Studies
Modalitas PembelajaranLuring Sinkron, Bauran/Daring AsinkronSynchronous Offline, Asynchronous Mix/Online
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianKuis, Tugas Kelompok, UTS, UASQuiz, Group Assignment, midterm exam, endterm exam
Catatan Tambahan