Kode Mata Kuliah | BA4201 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 114 - Agricultural Engineering / SITH |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Rekayasa Akuakultur | Aquaculture Engineering |
---|
Bahan Kajian | - Aspek umum akuakultur
- Teknik kultur pembenihan (hatchery)
- Teknik kultur pembesaran (grow out)
- Manajemen kualitas air
- Sistem zero water discharge (ZWD)
- Sistem resirkulasi akuakultur (Recirculating Aquaculture System / RAS)
- Teknologi Bioflok
- Transpor internal dan grading
- Transportasi ikan hidup
- Monitoring dan kontrol
- Desain dan konstruksi fasilitas akuakultur dan perencanaan fasilitas akuakultur
| - General Aspects of Aquaculture
- Hatchery Culture Techniques
- Grow Out Culture Techniques
- Water Quality Management
- Zero Water Discharge (ZWD) System
- Recirculating Aquaculture System (RAS)
- Biofloc Technology
- Internal Transport and Grading
- Live Fish Transportation
- Monitoring and Control
- Aquaculture Facility Design and Construction and Aquaculture Facility Planning
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu menerapkan prinsip-prinsip biosains dan ilmu pertanian untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip rekayasa akuakultur.
- Mampu merancang sistem produksi akuakultur dengan memanfaatkan sumberdaya hayati
- Mampu menerapkan metode dan prinsip rekayasa akuakultur dengan mempertimbangkan aspek teknik, ekonomi, sosial, dan lingkungan secara berkelanjutan
- Mampu menggunakan teknik dan metode perekayasaan untuk mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan rekayasa akuakultur.
- Mampu mengaplikasikan kemampuan berpikir logis untuk menganalisis permasalahan pada rekayasa akuakultur secara presisi.
- Mampu menggunakan pemikiran kreatif dan inovatif untuk memecahkan permasalahan pada rekayasa akuakultur
| - Able to apply the principles of bioscience and agricultural science to gain a comprehensive understanding of the principles of aquaculture engineering.
- Able to design aquaculture production systems utilizing biological resources.
- Able to apply aquaculture engineering methods and principles considering technical, economic, social, and environmental aspects sustainably.
- Able to use engineering techniques and methods to identify and formulate aquaculture engineering problems.
- Able to apply logical thinking skills to precisely analyze problems in aquaculture engineering.
- Able to use creative and innovative thinking to solve problems in aquaculture engineering.
|
---|
Metode Pembelajaran | Ceramah, Diskusi kelompok, Pembelajaran berbasis Masalah/Studi Kasus | Lectures, Group discussions, Problem-Based Learning/Case Studies |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring Sinkron, Bauran/Daring Asinkron | Synchronous Offline, Asynchronous Mix/Online |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Kuis, Tugas Kelompok, UTS, UAS | Quiz, Group Assignment, midterm exam, endterm exam |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|