| Kode Mata Kuliah | DI2002 / 5 SKS |
|---|
| Penyelenggara | 173 - Interior Design / FSRD |
|---|
| Kategori | Lecture |
|---|
| Bahasa Indonesia | English |
|---|
| Nama Mata Kuliah | Desain Interior II | Interior Design II |
|---|
| Bahan Kajian | - Berpikir kreatif
- Konsep desain
- Proses desain
- Standar Ergonomi
- Dokumen gambar kerja
| - Creative Thinking
- Design Concept
- Design Process
- Human Ergonomics
- Working drawing document
|
|---|
| Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu mencari data literatur, regulasi, dan standar yang digunakan sesuai dengan kasus perancangan
- Mampu melakukan survey lapangan (observasi, wawancara, diskusi, dll) sesuai dengan kasus perancangan
- Mampu mengintegrasikan data yang telah diperoleh menjadi sebuah panduan perancangan
- Mampu berpikir logis, kritis dalam menganalisis data atau informasi untuk menarik kesimpulan
- Mampu mengidentifikasi permasalahan antara manusia dan ruang yang terjadi pada sebuah kasus perancangan interior sesuai topik
- Mampu menyusun konsep dan program pada sebuah kasus perancangan interior
- Mampu menghasilkan solusi desain yang dapat memecahkan permasalahan manusia dan ruang
- Memahami pengetahuan, prinsip dan keterampilan desain interior
- Mengimplementasikan pengetahuan, prinsip dan keterampilan desain interior dalam konteks Desain Interior hunian
| - Able to research literature, regulations, and standards relevant to the design case.
- Able to conduct field surveys (observations, interviews, discussions, etc.) relevant to the design case.
- Able to integrate the collected data into a design guide.
- Able to think logically and critically in analyzing data or information to draw conclusions.
- Able to identify problems between humans and space that arise in an interior design case according to the topic.
- Able to develop concepts and programs for interior design cases.
- Able to generate design solutions that solve human and spatial problems.
- Understanding interior design knowledge, principles, and skills
- Implementing interior design knowledge, principles, and skills in the context of residential interior design
|
|---|
| Metode Pembelajaran | Kuliah tatap muka dan dosen tamu, diskusi, studi kasus | Face-to-face lectures and guest lectures, discussions, and case studies. |
|---|
| Modalitas Pembelajaran | Hybrid | Hybrid |
|---|
| Jenis Nilai | ABCDE |
|---|
| Metode Penilaian | Rubrik | Curriculum |
|---|
| Catatan Tambahan | Melalui mata kuliah ini mahasiswa mempelajari bagaimana kebutuhan kolektif keluarga akan rumah tinggal dan mengantisipasinya melalui studi kasus desain interior terkait. Mahasiswa terlibat dalam mendefinisikan kebutuhan tersebut melalui survey dan wawancara pada responden serta dukungan buku teks agar dapat merumuskan masalah desainnya. Di dalam proses ini mahasiswa mempelajari bagaimana kompleksitas masalah kebutuhan ruang tinggal terjadi karena perbedaan individu yang terbentuk karena keunikan kepribadian, karakteristik fisik serta psikologis pada lahan huian terbatas. Sebagaimana sebuah proses desain yang perlu distudi dan dipraktekan, mahasiswa pun belajar mengantisipasi masalah desain tersebut melalui pengembangan konsep dan solusi desain yang kreatif dan mampu mempertanggungjawabkannya melalui portofolio desain. | Through this course, students learn how families' collective housing needs are identified and anticipated through relevant interior design case studies. Students are involved in defining these needs through surveys and interviews with respondents, along with textbook support, to formulate design problems. In this process, students learn how the complexity of housing needs arises from individual differences, shaped by unique personality traits, physical characteristics, and psychological conditions within limited residential space. Just as a design process requires study and practice, students also learn to anticipate these design problems by developing creative design concepts and solutions and being able to demonstrate their accountability through a design portfolio. |
|---|