Kode Mata KuliahDI3102 / 3 SKS
Penyelenggara173 - Interior Design / FSRD
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahDesain Mebel IIFurniture Design II
Bahan Kajian
  1. Pengantar Desain Mebel Built-in: Definisi dan konsep dasar mebel built-in, Perkembangan evolusi mebel built-in.
  2. Prinsip Desain dan Ergonomi: Prinsip-prinsip dasar desain mebel, Ergonomi dalam desain mebel built-in.
  3. Material, Konstruksi dan Teknologi: Jenis-jenis konstruksi material yang umum digunakan, Teknologi dan teknik pembuatan mebel built-in dan Pengaruh konstruksi material terhadap desain dan fungsionalitas.
  4. Studi dan Proyek: Analisis studi kasus dari desain mebel built-in yang berhasil dan Proyek desain mebel built-in dari konsep hingga implementasi.
  1. Introduction to Built-in Furniture Design: Definitions and basic concepts of built-in furniture, Evolutionary developments in built-in furniture.
  2. Design Principles and Ergonomics: Basic principles of furniture design, Ergonomics in built-in furniture design.
  3. Materials, Construction, and Technology: Commonly used construction materials, Built-in furniture manufacturing technologies and techniques, and the influence of construction materials on design and functionality.
  4. Studies and Projects: Case study analysis of successful built-in furniture designs and Built-in furniture design projects from concept to implementation.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Memahami pengetahuan, prinsip dan keterampilan desain interior
  2. Menjelaskan pengetahuan, prinsip dan keterampilan desain interior
  3. Mengimplementasikan pengetahuan, prinsip dan keterampilan desain interior dalam konteks (Mata Kuliah)
  4. Mampu mencari data literatur, regulasi, dan standar yang digunakan sesuai dengan kasus perancangan
  5. Mampu melakukan survey lapangan (observasi, wawancara, diskusi, dll) sesuai dengan kasus perancangan
  6. Mampu mengintegrasikan data yang telah diperoleh menjadi sebuah panduan perancangan
  7. Mampu mengidentifikasi permasalahan antara manusia dan ruang yang terjadi pada sebuah kasus perancangan interior sesuai topik
  8. Mampu menyusun konsep dan program pada sebuah kasus perancangan interior
  9. Mampu menghasilkan solusi desain yang dapat memecahkan permasalahan manusia dan ruang
  1. Understand interior design knowledge, principles, and skills
  2. Explain interior design knowledge, principles, and skills
  3. Implement interior design knowledge, principles, and skills in context (Course)
  4. Able to search for literature, regulations, and standards relevant to the design case
  5. Able to conduct field surveys (observations, interviews, discussions, etc.) relevant to the design case
  6. Able to integrate the collected data into a design guide
  7. Able to identify problems between humans and space that occur in an interior design case according to the topic
  8. Able to develop concepts and programs for an interior design case
  9. Able to produce design solutions that solve human and space problems
Metode PembelajaranKuliah, Diskusi, Presentasi, Studio, Case Base MethodLectures, Discussions, Presentations, Studio, Case-Based Method
Modalitas PembelajaranLuring Sinkron, Daring SinkronSynchronous Offline, Synchronous Online
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianTugas, Porto Folio, UTS,UASAssignments, Portfolio, Mid-Term Exams, Final Exams
Catatan TambahanMata kuliah wajib ini bertujuan untuk mempelajari masalah desain manusia akan sistem furniture berupa sarana untuk menyimpan barang dengan berbagai kemungkinan material, sistem konstruksi, dan karakteristik lokasi penyimpanannya dan merancang sarana tersebut.This compulsory course aims to study human design issues related to furniture systems, including storage facilities using various material possibilities, construction systems, and storage location characteristics, and to design these facilities.