Kode Mata Kuliah | DI4001 / 6 SKS |
---|
Penyelenggara | 173 - Interior Design / FSRD |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Desain Interior V | Interior Design V |
---|
Bahan Kajian | - Ruang publik dan aktivitas di dalamnya
- Studi kasus ruang publik untuk perancangan interior
- Penyusunan programming, pengembangan konsep programatik dan konsep desain
- Perancangan interior ruang publik dengan mempertimbangkan semua faktor terkait
|
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Memahami pengetahuan, prinsip dan keterampilan desain interior
- Menjelaskan pengetahuan, prinsip dan keterampilan desain interior
- Mengimplementasikan pengetahuan, prinsip dan keterampilan desain interior dalam konteks (Mata Kuliah)
- Mampu mencari data literatur, regulasi, dan standar yang digunakan sesuai dengan kasus perancangan
- Mampu melakukan survey lapangan (observasi, wawancara, diskusi, dll) sesuai dengan kasus perancangan
- Mampu mengintegrasikan data yang telah diperoleh menjadi sebuah panduan perancangan
- Mampu berpikir logis, kritis dalam menganalisis data atau informasi untuk menarik kesimpulan
- Mampu mencari data literatur, regulasi, dan standar yang digunakan sesuai dengan kasus perancangan
- Mampu mengintegrasikan isu-isu seputar permasalahan manusia dan ruang pada sebuah kasus perancangan interior
- Mampu menyusun konsep dan program pada sebuah kasus perancangan interior
- Mampu menghasilkan solusi desain yang dapat memecahkan permasalahan manusia dan ruang
|
|
---|
Metode Pembelajaran | Ceramah/ Kuliah Dosen Tamu
Diskusi
Collaborative Learning
Team-Based Project
Studi Kasus | |
---|
Modalitas Pembelajaran | Sinkronik
"Kuliah dijalankan sepenuhnya sinkronik dengan menerapkan kolaborasi antar mahasiswa dan antar mahasiswa dengan calon pengguna.
Kuliah diawali dengan teori di kelas atau di lokasi kasus oleh dosen, narasumber dan dosen tamu. Selanjutnya kuliah dilakukan dengan diskusi berkala dengan dosen, calon pengguna (stakeholder) dari fasilitas yang dirancang." | |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Weighted
"1. Tugas 1 : Identifikasi kasus ruang publik yang terjadi dan penyelesaiannya melalui proses studi literatur dan artikel desain.
2. Tugas 2 : Survey lokasi, wawancara marasumber, FGD dengan calon pengguna.
3. Tugas 3 : Identifikasi kasus perancangan yang didapat dari lapangan, dijelaskan dalam paper dan dipresentasikan didepan kelas.
4. UTS : Programming & Concept Development (Presentasi).
5. UAS : General Plan & Final Perspective (Presentasi).
6. Portofolio : Merupakan tugas utama yang berisi tugas perancangan interior menyeluruh terhadap kasus ruang publik yang dipilih." | |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|