Kode Mata KuliahDI4009 / 4 SKS
Penyelenggara173 - Interior Design / FSRD
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahRuang dan Eksperimen Kreatif (B)Interior Design Experiment (B)
Bahan Kajian
  1. "Membingkai ulang interioritas spasial keseharian (Everyday Spatial) (Pertemuan 1 - 4)"
  2. "Sifat kombinatorial berpikir kreatif (Concept Mapping, Concept Blending, Concept Integration) (Pertemuan 5 - 7)"
  3. "Pengembangan dan eksperimen desain dengan pendekatan UX dan narasi spasial (Pertemuan 9 - 11)"
  4. "Fabrikasi dengan 3D printing dan Simulasi dengan generated AI (Pertemuan 12 & 14)"
    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. Mampu berpikir logis sekaligus intuitif dalam mengidentifikasi interioritas spasial keseharian (materiil dan imateriil).
    2. Mampu mengaktivasi kombinatorial berpikir kreatif (Concept Mapping, Concept Blending, Concept Integration).
    3. "Mampu bereksperimen desain dengan berbagai pendekatan non-konvensional l yang menghasilkan solusi desain permasalahan manusia dan ruang (wicked problem). "
    4. Mampu memanfaatkan berbagai sumber daya yang dimiliki untuk pembelajaran.
      Metode PembelajaranCeramah/ Kuliah Dosen Tamu Diskusi Collaborative Learning Team-Based Project Studi Kasus
      Modalitas PembelajaranHybrid "Sinkronik dilaksanakan 90% dari seluruh proses kuliah yang bersifat kuliah praktek di studio. Proses design critics / design consultation dilaksanakan secara tatap muka / person to person untuk menjamin seluruh komponen desain dikonsultasikan secara lengkap. Asinkron dilaksanakan bagi sesi latihan mandiri yang dibantu melalui penggunaan Memanfaatkan Learning Management System/Open Online Courses (Edunex, Google Classroom, Zoom, dan Whatsapps Group)"
      Jenis NilaiABCDE
      Metode Penilaian"(1) Tugas 1 (Individual): Membingkai ulang interioritas spasial keseharian (2) Tugas 2 (Group): Eksperimen kreatif solusi interioritas spasial keseharian (3) UTS: Proposal Eksperimen kreatif (4) UAS: Eksibisi Desain (offline / online)"
      Catatan Tambahan"Strategi Pedagogi dan Pesan untuk Pengajar 1. Kehadiran mahasiswa/i (kuliah, tutorial, studio, dll) tidak boleh kurang dari 80%. 2. Mahasiswa/i yang tidak berhalangan hadir karena alasan khusus (kesehatan, emergensi, aktivitas resmi, dll) harus dilengkapi dokumen resmi dari pengajar / yang berwenang. Tanpa kelengkapan surat resmi dan kehadiran dibawah 80% maka tidak diperkenankan mengikuti UTS atau UAS. 3. Semua aturan akademik PSDI, Fakultas dan Universitas berlaku."