Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mengenali suatu fenomena di dunia nyata sebagai tingkat perubahan atau akumulasi perubahan kemudian merumuskan dengan menggunakan kosa-kata matematika.
- Mengkaji dan menjelaskan fenomena perubahan suatu besaran, melalui berbagai strategi, dengan menggunakan konsep-konsep dasar kalkulus satu peubah, khususnya turunan (konsep tingkat perubahan) dan integral (konsep akumulasi perubahan).
- Menyusun rangkaian argumen matematika, khususnya kalkulus satu peubah, dalam berpendapat untuk meyakinkan orang lain, dalam lisan maupun berbagai penyajian seperti diagram, tabel, grafik, maupun tulisan, dalam bahasa sendiri termasuk memberi penafsiran dalam konteks matematika maupun di luar matematika.
- Menggunakan matematika, khususnya kalkulus satu peubah, beserta pemanfaatan tekonologi sebagai alat bantu (jika diperlukan), untuk menganalisis dan menyelesaikan berbagai masalah, baik di dunia nyata maupun dalam berbagai disiplin ilmu, sains, rekayasa, ilmu hayati, maupun bisnis, untuk membangun sikap-sikap positif seperti kepercayaan diri, gigih, terbuka, dan lainnya.
| - Recognise a phenomenon in the real world as a rate of change or accumulation of change and then formulate it using mathematical vocabulary.
- Examine and explain the phenomenon of change in a quantity, through various strategies, using the basic concepts of one-variable calculus, especially derivatives (the concept of rate of change) and integrals (the concept of accumulation of change).
- Develop a series of mathematical arguments, especially one-variable calculus, in arguing to convince others, orally and in various presentations such as diagrams, tables, graphs, and writing, in one's own language including giving interpretations in mathematical contexts and outside mathematics.
- Use mathematics, especially one-variable calculus, along with the use of technology as a tool (if needed), to analyse and solve various problems, both in the real world and in various disciplines, science, engineering, life sciences, and business, to build positive attitudes such as confidence, perseverance, openness, and others.
|
---|
Metode Pembelajaran | Kombinasi ceramah dan diskusi, pembelajaran berbasis masalah, tugas mandiri, kuis rutin bersama, dan pembelajaran kooperatif | A combination of lectures and discussions, problem-based learning, individual assignments, regular joint quizzes, and cooperative learning |
---|