Kode Mata KuliahMA3271 / 4 SKS
Penyelenggara101 - Mathematics / FMIPA
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahPemodelan MatematikaMathematical Modeling
Bahan Kajian
  1. Model matematika diskrit
  2. Model matematika fisis
  3. Model matematika persamaan diferensial
  4. Kemampuan merumuskan masalah
  5. Kemampuan abstraksi (termasuk menuliskan masalah dalam rumus matematika)
  6. Kemampuan berkomunikasi
  7. Kemampuan simulasi numerik dan komputasi
  1. Discrete mathematical model
  2. Physical mathematical model
  3. Mathematical models of differential equations
  4. Ability to formulate problems
  5. Abstraction skills (including writing down problems in mathematical formulae)
  6. Communication skills
  7. Numerical and computational simulation capabilities
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mengenali masalah di dunia nyata, memahami, serta mengidentifikasi isu penting ke dalam permasalahan tertentu yang dapat diselesaikan menggunakan model matematika.
  2. Mengembangkan model matematika menggunakan peralatan matematika untuk menemukan solusi dari model matematika, menyimulasikan dan menginterpretasi solusi, serta memvalidasi solusi menggunakan data yang tersedia di dunia nyata.
  3. Menyampaikan presentasi serial mengenai latar belakang dari masalah yang diamati di dunia nyata, pertanyaan yang akan dijawab oleh proyek bersangkutan, proses pengembangan pemodelan matematika yang diajukan, dan solusi dari pemodelan sekaligus interpretasinya yang dapat dipahami oleh orang awam.
  4. Mengatur kerja di dalam kelompok, saling bertukar pikiran dan mengapresiasi pendapat dari satu sama lain.
  1. To recognize real-world problems, to comprehend them, and to identify the important issue into of some specific problems those are potentially able to be solved using mathematical models.
  2. To have skills in developing a mathematical model using mathematics tools, to find solutions of the mathematics models, to simulate and interpret the solutions, and to validate the solution using some available data from real-world.
  3. To have skills in communicating in a serial presentations about the background of the observed real-world problem, the questions to be answered by the project, the process of the development of the mathematical modelling being proposed, and the solutions of the modelling including their interpretation that is understandable for layperson.
  4. To organize works in a group, to brainstorm and to appreciate opinion from each other among the group members.
Metode PembelajaranCeramah, Diskusi KelompokCeramah, Diskusi Kelompok
Modalitas PembelajaranBauran, sinkron dan asinkron, mandiri, kelompokHybrid, synchronous and asynchronous, individual, group
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianUjian tertulis (UAS) Pelaporan dalam bentuk makalah Presentasi tugas kelompokWritten exam (UAS) Reporting in paper form Group assignment presentation
Catatan Tambahan