Kode Mata KuliahDI4004 / 2 SKS
Penyelenggara173 - Interior Design / FSRD
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahBisnis dalam Desain InteriorBusiness of Interior Design
Bahan Kajian
  1. Pemahaman konsep kewirausahaan
  2. Pemahaman Model bisnis (business model) dalam desain
  3. Servicescape dan penerapannya dalam desain
  4. Pembuatan proposal bisnis
    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. Memahami dasar-dasar kesejarahan dan wawasan seni rupa, desain, teknik, material dan budaya yang menunjang keilmuan desain interior
    2. Mampu mengoordinasikan pengetahuan berbagai pengetahuan dan wawasan seni maupun desain untuk mendukung kinerja desain interior
    3. Memahami etika dalam bidang profesi desain interior
    4. Mampu mengikuti instruksi yang diberikan sesuai dengan prosedur kerja
    5. Memahami dasar-dasar wirausaha dalam bidang desain
    6. Memahami konsep-konsep kewirausahaan dalam bidang desain
    7. Mampu mengimplementasikan konsep-konsep kewirausahaan dalam dokumen business plan
      Metode PembelajaranCeramah/ Kuliah Dosen Tamu Diskusi Team-Based Project
      Modalitas PembelajaranSinkronik Pembelajaran dilakukan secara tatap muka di kelas oleh Dosen / Dosen Tamu, maupun dengan kunjungan ke industri terkait program bisnis. Materi yang diberikan terlebih dahulu pada platform Edunex, sehingga penjelasan materi yang dilakukan di kelas merupakan pembahasan mendalam dari materi. Platform Edunex juga digunakan sebagai media pengumpulan tugas
      Jenis NilaiABCDE
      Metode PenilaianWeighted "Penilaian dilakukan dengan pemberian bobot nilai yang sesuai dengan tingkat kompleksitas setiap tugas maupun aspek penilaian lain, sebagai berikut: Kehadiran = 10% Tugas & Keaktifan = 15% Ujian Tengah Semester = 35% Ujian Akhir Semester = 40%"
      Catatan Tambahan"Mata kuliah ini ditujukan untuk mengembangkan sikap dan pola pikir kewirausahaan mahasiswa dengan memberikan bekal pengetahuan kewirausahaan dan manajerial yang terkait dengan bidang desain, serta memberikan mahasiswa pengantar pemodelan bisnis, perencanaan dan pengembangan. Pustaka: Alexander Osterwalder, Business Model Generation, softcover, John Wiley & Sons, Inc., 2010"