Kode Mata Kuliah | BI2107 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 106 - Biologi / SITH |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Struktur dan Perkembangan Tumbuhan | Plant Structure and Development |
---|
Bahan Kajian | - Siklus hidup tumbuhan
- Organisasi tumbuhan, pergiliran generasi
- Struktur dan fungsi sel
- Jaringan dasar, dermal dan jaringan pembuluh
- Struktur dan perkembangan organ akar, batang dan daun
- Modifikasi organ
- Pola arsitektur tumbuhan
- Sistem dan proses reproduksi – reproduksi seksual dan aseksual
- Sistem dan proses reproduksi – reproduksi seksual dan aseksual
|
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mendeskripsikan struktur, pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan, seperti interpretasi struktur dan anatomi tumbuhan. (CPL 01)
- Mengenal dan mendeskripsikan berbagai tipe sel dan jaringan tumbuhan. (CPL 01)
- Mengenal pola pembentukan jarngan sebagai hasil dari aktivitas meristem, siklus hidup tumbuhan, dan respon terhadap lingkungan. (CPL 01)
- Memahami sistem reproduksi tumbuhan, organ reproduktif dan aplikasinya. (CPL 01)
- Mencari dan mengaitkan informasi dari jurnal ilmiah yang berhubungan dengan struktur, fungsi, dan perkembangan tumbuhan. (CPL 07, CPL 08)
- Mengembangkan kemampuan komunikasi melalui tugas menulis dan presentasi paper. (CPL 07, CPL 08)
- Menganalisis pengaruh lingkungan (fisika, kimia, biologi) pada perubahan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. (CPL 13)
- Menerapkan kemampuan berpikir kritis dan menerangkan isu mengenai perkembangan tumbuhan. (CPL 13)
|
|
---|
Metode Pembelajaran | Kuliah tatap muka, diskusi, presentasi/studi kasus | |
---|
Modalitas Pembelajaran | Menggabungkan berbagai moda penyerapan:
1. Visual melalui penyediaan slide dengan visualisasi, gambar, diagram, dsb.
2. Auditorial melalui penyampaian materi, tanya jawab, dan diskusi
3. Kinestetik melalui partisipasi aktif di dalam kelas berupa presentasi dan diskusi | |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Dilakukan secara terpadu untuk menilai:
1. Aspek pengetahuan melalui tes tulis berupa kuis, UTS, UAS, dan tugas
mandiri/kelompok.
2. Aspek keterampilan melalui presentasi (rubrik)
3. Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitas | |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|