Kode Mata Kuliah | SP6015 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 240 - Development Studies / SAPPK |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Metode Kuantitatif untuk Kebijakan Publik | Quantitative Methods for Public Policy |
---|
Bahan Kajian | - Jenis data, mengidentifikasi data, dan menggunakan data dalam analisa kuantitatif
- Teknik evaluasi kebijakan seperti regresi linear, DiD, RDD, PSM, dan sebagainya.
- Teknik kuantitatif untuk analisa kebijakan tingkat lanjut seperti analisa spasial, analisa efisiensi, sistem dinamis dan machine learning
- Aplikasi teknik analisa kuantitatif dalam laporan
| - Types of data, identifying data, and using data in quantitative analysis
- Policy evaluation techniques such as linear regression, DiD, RDD, PSM, and so on.
- Quantitative techniques for advanced policy analysis such as spatial analysis, efficiency analysis, dynamic systems and machine learning
- Application of quantitative analysis techniques in reports
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa memahami jenis data, mengidentifikasi data, dan menggunakan data dalam analisa kuantitatif
- Mahasiswa memahami teknik-teknik evaluasi kebijakan seperti regresi linear, DiD, RDD, PSM, dan sebagainya.
- Mahasiswa memahami teknik-teknik kuantitatif untuk analisa kebijakan tingkat lanjut seperti analisa spasial, analisa efisiensi, sistem dinamis dan machine learning
- Mahasiswa mengaplikasikan teknik analisa kuantitatif dalam riset mandiri
| - Students understand types of data, identify data, and use data in quantitative analysis
- Students understand policy evaluation techniques such as linear regression, DiD, RDD, PSM, and so on.
- Students understand quantitative techniques for advanced policy analysis such as spatial analysis, efficiency analysis, dynamic systems and machine learning
- Students apply quantitative analysis techniques in independent research
|
---|
Metode Pembelajaran | Ceramah, Diskusi Aktif, Praktikum lab, Penugasan Mandiri | |
---|
Modalitas Pembelajaran | Metode Penyerapan:
• Visual: Dosen menampilkan slide (25%)
• Auditorial: Dosen memberikan ceramah (25%)
• Kinetik: Mahasiswa melaksanakan praktikum (50%)
Metode Pelaksanaan:
• Sinkron: Kuliah, diskusi, dan praktikum (50%)
• Asinkron: Praktikum, Bacaan mandiri (50%) | |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Absensi dan Kuis 10%, Term Paper 40%, Homework/Tugas 50% | |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|