Kode Mata Kuliah | SP6019 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 240 - Development Studies / SAPPK |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Proses Kebijakan Publik | Public Policy Process |
---|
Bahan Kajian | - Teori-teori dalam memahami proses kebijakan publik
- Peran institusi, aktor, dan kepentingan dalam proses kebijakan publik
- Rangkaian tahapan dalam siklus kebijakan termasuk agenda-setting, formulai kebijakan, implementasi, dan evaluasi
- Analisis proses kebijakan publik
| - Theories in understanding the public policy process
- The role of institutions, actors, and interests in the public policy process
- The series of stages in the policy cycle include agenda-setting, policy formulation, implementation, and evaluation
- Analysis of the public policy process
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu menjelaskan teori-teori kunci dalam memahami proses kebijakan publik
- Mampu menentukan peran institusi, aktor, dan kepentingan dalam proses kebijakan publik
- Mampu mengevaluasi rangkaian tahapan dalam siklus kebijakan termasuk agenda-setting, formula kebijakan, implementasi, dan evaluasi
- Mampu menuliskan hasil analisis kritis proses kebijakan publik dengan menggunakan pengetahuan teoritik yang telah dipelajari
| - Able to explain key theories in understanding the public policy process
- Able to determine the role of institutions, actors and interests in the public policy process
- Able to evaluate a series of stages in the policy cycle including agenda-setting, policy formula, implementation, and evaluation
- Able to write the results of critical analysis of the public policy process using the theoretical knowledge that has been learned
|
---|
Metode Pembelajaran | Kuliah, Diskusi, Presentasi | |
---|
Modalitas Pembelajaran | Metode Penyerapan:
• Visual: Dosen menampilkan slide (20%)
• Auditorial: Dosen memberikan ceramah (20%)
• Kinetik: Mahasiswa melaksanakan diskusi tanya-jawab dan presentasi (60%)
Metode Pelaksanaan:
• Sinkron: Kuliah, diskusi, dan presentasi kelas (50%)
• Asinkron: Tugas kuliah, Bacaan mandiri (50%) | |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | • Makalah respon (response paper) (30%)
• Makalah final (40%)
• Presentasi (10%)
• Partisipasi kehadiran dan diskusi (20%) | |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|