Kode Mata Kuliah | AR7003 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 352 - Architecture / SAPPK |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Penelitian Kualitatif | Qualitative Research |
---|
Bahan Kajian | - BK 1.1 Arsitektur, Seni dan Teknologi: hubungan arsitektur dan lingkungan binaan dengan seni dan iptek dalam pengembangan teori dan metodologi penelitian.
- BK 1.4 Arsitektur dan Masyarakat: faktor-faktor dan keterkaitan antara manusia, budaya, ekonomi dan kebijakan yang mempengaruhi arsitektur dan lingkungan perkotaan.
| - BK 1.1 Architecture, Art, and Technology: The relationship between architecture and the built environment with art and science and technology in the development of theory and research methodology.
- BK 1.4 Architecture and Society: The factors and interrelationships between people, culture, economy, and policies that influence architecture and the urban environment.
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa dapat menjelaskan alasan, semangat dan motivasi penelitian kualitatif untuk bidang studi arsitektur, seni dan teknologi.
- Mahasiswa dapat menjelaskan karkater umum dari strategi analisis kualitatif seperti teknik penstrukturan data, pengkodean dan konseptualisasi haril peneltitan.
- Mahasiswa dapat menjelaskan langkah-langkah analisis kualitatif yang spesifik seperti: Interaksi simbolik, Fenomenologi, Interpretasi Hermeneutika, dan Prasangka, Realisme kritis dalam teori dan praktik, Grounded Theory, Penelitian Narasi, Analisis wacana kritis, dan Teori aktor-jaringan sebagai pendekatan analitis.
- Mahasiswa dapat menyajikan karya tertulis hasil dari kajian kritis tentang satu strategi analisis kualitatif untuk bidang studi arsitektur, seni dan teknologi.
| - Students can explain the reasons, enthusiasm, and motivation for qualitative research in the fields of architecture, art, and technology.
- Students can explain the general characteristics of qualitative analysis strategies such as data structuring techniques, coding, and conceptualization of research findings.
- Students can explain specific steps in qualitative analysis such as: Symbolic Interactionism, Phenomenology, Hermeneutic Interpretation and Prejudice, Critical Realism in theory and practice, Grounded Theory, Narrative Research, Critical Discourse Analysis, and Actor-Network Theory as an analytical approach.
- Students can present written work resulting from a critical study of one qualitative analysis strategy in the fields of architecture, art, and technology.
|
---|
Metode Pembelajaran | Ceramah/ kuliah Tatap Muka
Diskusi Kelompok
Pembelajaran Berbasis Proyek / Project-Based Learning (PjBL) | Lecture/Face-to-Face Class
Group Discussion
Project-Based Learning (PjBL) |
---|
Modalitas Pembelajaran | Visual Auditorial (tatap muka di kelas)
Sinkronous (presentasi dan diskusi di kelas)
Asinkronous (belajar dari rekaman hasil presentasi) | Visual Auditory (face-to-face in class)
Synchronous (presentations and discussions in class)
Asynchronous (learning from recorded presentations) |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Presentasi Mingguan Mahasiswa –Ujian Tengah Semester (UTS)
Karya Ilmiah Tentang Metodologi yang khusus –sebagai nilai Ujian Akhir Semester (UAS) | Weekly Student Presentations – Midterm Exam
Scientific Paper on Specific Methodology – Final Exam |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|