Kode Mata KuliahII2130 / 3 SKS
Penyelenggara182 - Information System and Technology / STEI
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahSistem dan Arsitektur KomputerComputer System and Architecture
Bahan Kajian
  1. Evolusi komputer
  2. Arsitektur komputer
  3. Desain dan kinerja komputer
  4. Fungsi-fungsi dan interkoneksi komputer
  5. Representasi informasi
  6. Memori, Cache, dan Penyimpanan
  7. Pemrograman level mesin
  8. Masukan dan keluaran
  9. Sistem operasi
  10. Virtualisasi
  1. Computer Evolution
  2. Computer Architecture
  3. Computer Design and Performance
  4. Computer Functions and Interconnection
  5. Information Representation
  6. Memory, Cache, and Storage
  7. Machine-level programming
  8. Input and Output
  9. Operating System
  10. Virtualization
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Menjelaskan abstraksi, komponen, fungsi, dan arsitektur komputer
  2. Menjelaskan cara kerja sistem operasi mengelola komputer
  3. Membuat program komputer di level mesin untuk keperluan tertentu
  4. Mengidentifikasi kebutuhan pengguna dalam pemilihan sistem dan arsitektur komputer
  1. Explains abstractions, components, functions, and computer architecture
  2. Explain how the operating system works to manage a computer
  3. Creating computer programs at machine level for specific purposes
  4. Identifying user needs in selecting computer systems and architecture
Metode PembelajaranCeramah, studi kasus, dan diskusiLectures, case study, and discussions
Modalitas PembelajaranVisual sinkronSynchronous visual
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianUTS, UAS, dan TugasMid-term exam, final exam, and assignments
Catatan Tambahan