Kode Mata KuliahII3131 / 3 SKS
Penyelenggara182 - Information System and Technology / STEI
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahInteraksi Manusia KomputerHuman Computer Interaction
Bahan Kajian
  1. Desain yang berpusat pada pengguna: proses empati, metodologi desain
  2. Prototipe desain: teknik pembuatan prototipe, pola, dan batasan-batasannya
  3. Metode evaluasi desain: elemen evaluasi, metode kualitatif dan kuantitatif, pengujian yang berpusat pada pengguna, tantangan dan kekurangan
  1. User-centered design: emphatizing, design methodology
  2. Design prototyping: prototyping techniques, patterns, and constraints
  3. Design evaluation methods: the elements of evaluation, qualitative and quantitative methods, user-centered testing, challenges and shortcomings
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mengidentifikasi kebutuhan pengguna dalam merancang interaksi manusia komputer dan menyusun user story-nya
  2. Membuat purwarupa antarmuka interaksi antara pengguna dan komputer
  3. Mengevaluasi purwarupa antarmuka pada pengguna
  4. Mahasiswa mampu menyampaikan ide desain yang dimiliki secara lisan dan tertulis
  1. Identifying user needs in designing human-computer interaction and compiling user stories
  2. Create a prototype of the interaction interface between the user and the computer
  3. Evaluate user interface prototypes
  4. Students are able to convey their design ideas orally and in writing
Metode PembelajaranPembelajaran berbasis proyekProject-based learning
Modalitas PembelajaranLuring sinkronSynchronous in-person
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianUTS, UAS, dan TugasMid-term exam, final exam, and assignments
Catatan Tambahan