| Kode Mata Kuliah | II3131 / 3 SKS |
|---|
| Penyelenggara | 182 - Information System and Technology / STEI |
|---|
| Kategori | Lecture |
|---|
| Bahasa Indonesia | English |
|---|
| Nama Mata Kuliah | Interaksi Manusia Komputer | Human Computer Interaction |
|---|
| Bahan Kajian | - Desain yang berpusat pada pengguna: proses empati, metodologi desain
- Prototipe desain: teknik pembuatan prototipe, pola, dan batasan-batasannya
- Metode evaluasi desain: elemen evaluasi, metode kualitatif dan kuantitatif, pengujian yang berpusat pada pengguna, tantangan dan kekurangan
| - User-centered design: emphatizing, design methodology
- Design prototyping: prototyping techniques, patterns, and constraints
- Design evaluation methods: the elements of evaluation, qualitative and quantitative methods, user-centered testing, challenges and shortcomings
|
|---|
| Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mengidentifikasi kebutuhan pengguna dalam merancang interaksi manusia komputer dan menyusun user story-nya
- Membuat purwarupa antarmuka interaksi antara pengguna dan komputer
- Mengevaluasi purwarupa antarmuka pada pengguna
- Mahasiswa mampu menyampaikan ide desain yang dimiliki secara lisan dan tertulis
| - Identifying user needs in designing human-computer interaction and compiling user stories
- Create a prototype of the interaction interface between the user and the computer
- Evaluate user interface prototypes
- Students are able to convey their design ideas orally and in writing
|
|---|
| Metode Pembelajaran | Pembelajaran berbasis proyek | Project-based learning |
|---|
| Modalitas Pembelajaran | Luring sinkron | Synchronous in-person |
|---|
| Jenis Nilai | ABCDE |
|---|
| Metode Penilaian | UTS, UAS, dan Tugas | Mid-term exam, final exam, and assignments |
|---|
| Catatan Tambahan | | |
|---|