| Kode Mata Kuliah | II4092 / 4 SKS |
|---|
| Penyelenggara | 182 - Information System and Technology / STEI |
|---|
| Kategori | Final Project / Thesis / Dissertation |
|---|
| Bahasa Indonesia | English |
|---|
| Nama Mata Kuliah | Tugas Akhir | Final Project |
|---|
| Bahan Kajian | - Identifikasi masalah dan analisis berbagai alternatif solusinya
- Metodologi tugas akhir
- Kajian pustaka
- Metode penyelesaian masalah atau pengembangan solusi
- Metode evaluasi dan pengambilan kesimpulan
- Penulisan dokumen tugas akhir dan materi presentasi
- Presentasi tugas akhir
| - Identify problems and analyze various alternative solutions
- Final project methodology
- Literature review
- Methods of solving problems or developing solutions
- Evaluation methods and drawing conclusions
- Composing final project documents and presentation materials
- Final project presentation
|
|---|
| Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mengidentifikasi masalah dan menyatakannya dalam kebutuhan fungsional dan non-fungsional
- Mengusulkan beberapa kandidat solusi alternatif untuk menyelesaikan masalah tersebut, dan menentukan usulan solusi terbaik dengan mempertimbangkan kebutuhan menggunakan metodologi tertentu.
- Menjelaskan metode penyelesaian masalah atau pengembangan solusi
- Mengevaluasi solusi yang diusulkan
- Mempresentasikan laporan tugas akhir
| - Identify problems and express them in terms of functional and non-functional requirements
- Propose several alternative candidate solutions to solve the problem, and determine the best proposed solution by considering the needs using a certain methodology.
- Explains methods of solving problems or developing solutions
- Evaluate proposed solutions
- Present the final project report
|
|---|
| Metode Pembelajaran | Studi mandiri | Independent study |
|---|
| Modalitas Pembelajaran | Bauran sinkron | Synchronous hybrid |
|---|
| Jenis Nilai | ABCDE |
|---|
| Metode Penilaian | Dokumen dan presentasi tugas akhir | Final project documents and presentation |
|---|
| Catatan Tambahan | | |
|---|