Kode Mata Kuliah | TK2205 / 4 SKS |
---|
Penyelenggara | 130 - Chemical Engineering / FTI |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Matematika & Komputasi Proses | Mathematics & Process Computation |
---|
Bahan Kajian | - Pemodelan matematika proses-proses sederhana
- Persamaan diferensial biasa orde satu & dua
- Persamaan diferensial biasa orde tinggi linier
- Persamaan diferensial simultan
- Transformasi Laplace
- Persamaan diferensial parsial
- Penyelesaian numerik persamaan aljabar
- Penyelesaian numerik persamaan diferensial
| - Mathematical modeling of simple processes
- First and second order ordinary differential equations
- Linear higher order ordinary differential equations
- Simultaneous differential equations
- Laplace transformation
- Partial differential equations
- Numerical solution of algebraic equations
- Numerical solution of differential equations
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu membangun model matematika sederhana untuk proses Teknik Kimia.
- Mampu menyelesaikan persamaan diferensial biasa (PDB) dengan metode analitik.
- Mampu membangun dan menyelesaikan persamaan diferensial simultan (untuk dua kasus ODE).
- Mampu menyelesaikan persamaan diferensial parsial.
- Mampu menyelesaikan sistem persamaan linier dan tak-linear dengan metode numerik berbantuan perangkat lunak.
- Mampu menyelesaikan sistem persamaan diferensial biasa dan sistem persamaan diferensial parsial dengan metode numerik berbantuan perangkat lunak.
| - Able to build simple mathematical models for Chemical Engineering processes.
- Able to solve ordinary differential equations (ODE) using analytical methods.
- Able to build and solve simultaneous differential equations (for two ODE cases).
- Able to solve partial differential equations.
- Able to solve linear and non-linear equations with software-assisted numerical methods.
- Able to solve ordinary differential equations and partial differential equations using software-assisted numerical methods.
|
---|
Metode Pembelajaran | Ceramah, Tayangan Video, Latihan soal, Diskusi, Praktik penggunaan perangkat lunak MatLab | Lectures, Video, Problem practices, Discussions, Practice using MatLab software |
---|
Modalitas Pembelajaran | Dilaksanakan secara luring, tatap muka di kelas, dan pendukung video pembelajaran secara asinkron. | Carried out offline, face to face in class, and supported by learning videos asynchronously. |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Ujian yang mencakup UTS-1 secara tertulis, UTS-2 praktik penggunaan perangkat lunak dalam menyelesaikan kasus teknik kimia secara numerik dan UAS secara tertulis, tugas di kelas dan pekerjaan rumah, dan kuis. | Exams include written UTS-1, UTS-2 as practice using software to solve chemical engineering cases numerically and UAS in writing, in-class assignments and homework, and quizzes. |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|