Kode Mata Kuliah | BW3122 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 115 - Forestry Engineering / SITH |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Ekologi dan Pengelolaan Hidupan Liar (P) | Ecology and Wildlife Management (P) |
---|
Bahan Kajian | - Dasar-dasar ekologi terkait hidupan liar: kebutuhan, asesmen dan klasifikasi habitat; biodiversitas dan biologi konservasi; dinamika populasi hidupan liar
- Pengelolaan hidupan liar: strategi pengelolaan hidupan liar; restorasi habitat hidupan liar; praktik pengelolaan hutan berkelanjutan; integrasi hidupan liar dalam rencana pengelolaan hutan; dampak kegiatan pengelolaan hutan terhadap hidupan liar
- Teknik dalam pengelolaan hidupan liar: metode survei dan monitoring; aplikasi GIS, remote sensing, telemetri dan pemodelan distribusi spasial; metode analisis dan interpretasi data
- Konflik manusia-hidupan liar: jenis-jenis konflik manusia dengan hidupan liar; strategi mitigasi konflik manusia-hidupan liar; kajian contoh mitigasi konflik manusia-hidupan liar
- Perubahan iklim dan hidupan liar: dampak perubahan iklim terhadap hidupan liar dan ekosistem hutan; strategi adaptasi untuk konservasi hidupan liar; peran hutan dalam mitigasi perubahan iklim dan konservasi hidupan liar
- Kebijakan terkait pengelolaan hidupan liar: kebijakan nasional dan internasional konservasi hidupan liar; kerangka hukum pengelolaan hutan dan hidupan liar; peran perjanjian/organisasi internasional (CBD, IUCN, CITES, dsb.).
| - Basics of wildlife ecology: habitat requirements, assessment and classification; biodiversity and conservation biology; wildlife population dynamics
- Wildlife management: wildlife management strategies; wildlife habitat restoration; sustainable forest management practices; integration of wildlife in forest management plans; impacts of forest management activities on wildlife
- Wildlife management techniques: survey and monitoring methods; applications of GIS, remote sensing, telemetry and spatial distribution modelling; data analysis and interpretation methods
- Human-wildlife conflict: types of human-wildlife conflict; strategies for mitigating human-wildlife conflict; study of examples of human-wildlife conflict mitigation
- Climate change and wildlife: impacts of climate change on wildlife and forest ecosystems; adaptation strategies for wildlife conservation; role of forests in climate change mitigation and wildlife conservation
- Wildlife management policies: national and international wildlife conservation policies; legal frameworks for forest and wildlife management; role of international agreements/organizations (CBD, IUCN, CITES, etc.).
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu memahami dan menerapkan prinsip-prinsip terkait ekologi dan pengelolaan hidupan liar
- Mampu memahami keterkaitan antara hidupan liar dengan ekosistem hutan secara keseluruhan, khususnya dalam konteks hutan tropika
- Mampu menjelaskan strategi pengelolaan hutan secara berkelanjutan yang mendukung upaya konservasi hidupan liar
- Mampu mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan dalam asesmen habitat dan monitoring populasi hidupan liar
- Mampu mengembangkan solusi mitigasi konflik antara manusia dan hidupan liar yang mempertimbangkan aspek ekologi, ekonomi, kebiajkan, dan sosial-budaya
- Mampu merencanakan dan menyiapkan bahan presentasi yang efektif dan menarik dengan menggunakan berbagai media pendukung
- Mampu melaksanakan presentasi secara oral dan atau tulisan yang sistematis dan mudah dipahami dan menjawab pertanyaan secara efektif dalam diskusi
| - Able to understand the principles of wildlife ecology and management.
- Able to understand the relationships between wildlife species and the whole forest ecosystems, particularly in the context of tropical forest
- Able to explain strategies for sustainable forest management that support wildlife conservation efforts
- Able to develop skills required for wildlife habitat assessment and population monitoring
- Able to develop solutions for mitigating conflicts between humans and wildlife by considering ecological, economic, policies and socio-cultural aspects
- Able to plan and prepare effective and interesting presentation materials using various supporting media
- Able to carry out oral and/or written presentations that are systematic and easy to understand and answer questions effectively during discussions
|
---|
Metode Pembelajaran | Ceramah, Paper review, Diskusi kelas, Studi Literatur, Praktikum, Kegiatan lapangan, Simulasi, Kerja kelompok, Presentasi Kelas | Lectures, Paper review, Class discussion, Literature study, Practicum, Field activities, Simulation, Group work, Class presentation |
---|
Modalitas Pembelajaran | Daya penyerapan: Visual; Auditorial; Kinestetik
Daya pelaksanaan : Sinkron dan Asinkron
Mandiri: mencari informasi, mengidentifikasi informasi yang penting, mencatat, mengorganisasi, mengelaborasi, meringkas, dan memantau pemahaman | Absorption ability: Visual; Auditory; Kinesthetic
Execution ability: Synchronous and Asynchronous
Independent: searching for information, identifying important information, taking notes, organizing, elaborating, summarizing, and monitoring understanding |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Standar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E) | Letter grade standards and grade index according to ITB's academic regulations (A, AB, B, BC, C, D, E system) |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|