Kode Mata Kuliah | BW2202 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 115 - Forestry Engineering / SITH |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Mikrobiologi Dasar untuk Kehutanan (P) | Basic Microbiology for Forestry (P) |
---|
Bahan Kajian | - Karakterisasi Mikroba
- Konsep Metabolisme Mikroba
- Nutrisi dan Kultivasi Mikroba
- Genetika Mikroba
- Pengendalian Mikroba
- Diversitas Mikroborganisme dalam ekosistem hutan
- Dampak mikroorganisme dalam ekosistem hutan
| - Microbe Characterization
- Concepts of Microbial Metabolism
- Microbial Nutrition and Cultivation
- Microbial Genetics
- Microbial Control
- Diversity of Microorganisms in Forest Ecosystems
- Impact of Microorganisms in Forest Ecosystems
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu menerapkan prinsip-prinsip mikrobiologi untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang aplikasinya pada rekayasa kehutanan
- Mampu memilih metode dan/atau alat berdasarkan kekuatan dan batasan metode dan/atau alat terkait eksperimen laboratorium mikrobiologi
| - Able to apply microbiological principles to gain a comprehensive understanding of their applications in forestry engineering
- Able to select methods and/or tools based on the strengths and limitations of the methods and/or tools related to microbiology laboratory experiments
|
---|
Metode Pembelajaran | Ceramah, Diskusi kelompok, Pembelajaran berbasis Masalah/Studi Kasus, Praktikum | Lectures, Group Discussions, Problem-Based Learning/Case Studies, Practicum |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring Sinkron, Bauran/Daring Asinkron | Synchronous Offline, Blended/Asynchronous Online |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Kuis, Tugas Kelompok, UTS, UAS, Praktikum
Standar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E) | Quizzes, Group Assignments, Mid-Term Exams, Final Exams, Practicum
Letter grade standards and GPA values according to ITB academic regulations (A, AB, B, BC, C, D, E system) |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|