Kode Mata KuliahBW3104 / 2 SKS
Penyelenggara115 - Forestry Engineering / SITH
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahSosiologi KehutananForestry Sociology
Bahan Kajian
  1. Konsep-konsep sosial untuk memahami aktivitas sosial dalam pengelolaan sumberdaya hutan
  2. Kajian-kajian kasus berdasarkan aktivitas sosial dalam pengelolaan sumberdaya hutan
  1. Social concepts to understand social activities in forest resource management
  2. Case studies based on social activities in forest resource management
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mampu mengidentifikasi dan menerapkan ilmu sosial dalam merancang pengelolaan hutan yang mempertimbangkan dinamika sosial dalam pengelolaan sumber daya hutan
  2. Mampu menggunakan data dan metode sosiologis untuk memahami peran masyarakat dalam pelestarian dan pemanfaatan hutan secara komprehensif
  3. Mampu menunjukkan sikap profesional dan jujur dalam setiap tugas dan tanggung jawab, menjaga integritas serta mengembangkan komunikasi secara efektif dengan masyarakat dan para pemangku kepentingan
  4. Mampu mengidentifikasi masalah social dalam pengelolaan hutan dan bertanggung jawab atas penyelesaian dengan pendekatan yang efektif dan berkelanjutan
  5. Mampu menerapkan kode etik profesi dan berkomunikasi secara etis serta kolaboratif dengan pemangku kepentingan untuk mencapai tujuan pengelolaan hutan yang berkelanjutan
  6. Mampu mengidentifikasi dan menerapkan prinsip keselamatan, kesehatan kerja, dan lingkungan (K3L) dalam proyek kehutanan, serta menilai risiko lingkungan dan kesehatan untuk mengembangkan strategi mitigasi yang efektif
  1. Able to identify and apply social science in designing forest management that considers social dynamics in forest resource management
  2. Able to use sociological data and methods to understand the role of communities in forest conservation and utilization comprehensively
  3. Able to demonstrate a professional and honest attitude in all duties and responsibilities, maintain integrity and develop effective communication with the community and stakeholders
  4. Able to identify social problems in forest management and take responsibility for solving them with an effective and sustainable approach
  5. Able to apply professional code of ethics and communicate ethically and collaboratively with stakeholders to achieve sustainable forest management goals
  6. Able to identify and apply safety, occupational health and environmental principles in forestry projects, and assess social risks to develop effective mitigation strategies
Metode PembelajaranTatap Muka, Tugas Mandiri, Tugas KelompokFace to Face, Independent Tasks, Group Tasks
Modalitas PembelajaranVisual, Auditorial, Sinkron, AsinkronVisual, Auditory, Synchronous, Asynchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianSistem Nilai Huruf (A, AB, B, BC, C, D, E)Letter Grading System (A, AB, B, BC, C, D, E)
Catatan Tambahan