Kode Mata Kuliah | BW4001 / 4 SKS |
---|
Penyelenggara | 115 - Forestry Engineering / SITH |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Proyek Perancangan Hutan | Forest Design Project |
---|
Bahan Kajian | - Konsep perekayasaan ekosistem hutan
- Aplikasi ilmu terapan kehutanan dalam perancangan hutan
- Aplikasi ilmu dasar rekayasa dalam perancangan hutan
- Aplikasi ilmu pemodelan dan geospasial dalam perancangan hutan
- Aplikasi ilmu kebijakan, sosial dan ekonomi dalam perancangan hutan
- Tahapan perancangan hutan
| - The concept of forest ecosystem engineering
- Application of applied forestry science in forest design
- Application of basic engineering science in forest design
- Application of modeling and geospatial science in forest design
- Application of policy, social and economic sciences in forest design
- Forest design stages
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu merancang pemulihan ekosistem hutan dengan mempertimbangkan aspek ekologi, ekonomi dan sosial secara lestari
- Mampu merancang peningkatkan produktivitas hutan dengan mempertimbangkan aspek ekologi, ekonomi dan sosial secara lestari
- Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan dan tujuan yang ingin dicapai pada aspek rekayasa hutan dengan menggunakan metode yang sesuai
- Mampu menganalisis data dan informasi, menemukan solusi permasalahan dan menemukan metode baru dalam penyelesaian permasalahan aspek rekayasa hutan.
- Mampu bekerja sama dalam kelompok sesuai dengan tugas dan keahlian yang diberikan dengan penuh kesadaran dan kesungguhan.
- Mampu menjaga kekompakan kelompok dengan saling menghormati dan menghargai perbedaan adat istiadat dan budaya.
- Mampu bekerja secara profesional, jujur, disiplin dan bertanggung jawab dalam penyelesaian permasalahan kerekayasaan kahutanan.
- Mampu bekerja secara profesional dengan menerapkan kode etik profesi engineer kehutanan dan menerapkan aspek keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan (K3L) dalam penyelesaian permasalahan kerekayasaan kahutanan.
| - Able to design forest ecosystem restoration by considering ecological, economic and social aspects in a sustainable manner
- Able to design forest productivity improvement by considering ecological, economic and social aspects in a sustainable manner
- Able to identify and formulate problems and objectives to be achieved in forest engineering aspects using appropriate methods.
- Able to analyze data and information, find solutions to problems and find new methods in solving problems in forest engineering aspects.
- Able to work together in groups according to the tasks and expertise with full awareness and sincerity
- Able to maintain group cohesion by respecting and appreciating differences in customs and culture.
- Able to work professionally, honestly, disciplined and responsibly in solving forestry engineering problems.
- Able to work professionally by implementing the code of ethics of the forestry engineer profession and implementing aspects of occupational and environmental safety and health (K3L) in solving forestry engineering problems.
|
---|
Metode Pembelajaran | Proses belajar dalam kelas/lapangan; Tugas terstruktur kelompok; Kegiatan mandiri | Classroom/field learning process; Group structured assignments; Independent activities |
---|
Modalitas Pembelajaran | Daya penyerapan: Visual; Auditorial; Kinestetik
Daya pelaksanaan : Sinkron dan Asinkron
Mandiri: mencari informasi, mengidentifikasi informasi yang penting, mencatat, mengorganisasi, mengelaborasi, meringkas, dan memantau pemahaman | Absorption power: Visual; Auditorial; Kinesthetic
Implementation power: Synchronous and Asynchronous
Independent: searching for information, identifying important information, taking notes, organizing, elaborating, summarizing, and monitoring understanding |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Standar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E) | Standard grades and index according to ITB academic regulations (System A, AB, B, BC, C, D, E) |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|