Kode Mata Kuliah | TK4015 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 130 - Chemical Engineering / FTI |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Nanoteknologi Proses | Process Nanotechnology |
---|
Bahan Kajian | - Pendahuluan nanoteknologi (definisi, sejarah, state of the art)
- Sifat fisika dan kimia nanomaterial
- Metode sintesis nanomaterial
- Teknik instrumentasi dan metode karakterisasi nanomaterial
- Pengenalan struktur nano (0D, 1D, 2D, 3D)
- Proses-proses, fabrikasi, dan karakterisasi membran.
- Studi Kasus: simulasi sintesis nanopartikel,aplikasi nanomaterial dalam kehidupan sehari-hari (tantangan & prospek, inovasi, dampak lingkungan & Kesehatan)
| - Introduction to nanotechnology (definition, history, state of the art)
- Physical and chemical properties of nanomaterials
- Nanomaterial synthesis method
- Instrumentation techniques and nanomaterial characterization methods
- Introduction to nanostructures (0D, 1D, 2D, 3D)
- Membrane processes, fabrication, and characterization.
- Case Study: simulation of nanoparticle synthesis, application of nanomaterials in daily life (challenges & prospects, innovation, environmental impact & Health)
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu menjelaskan definisi nanoteknologi dan mengidentifikasi aplikasi potensial nanoteknologi dalam berbagai bidang industri dan kehidupan sehari-hari.
- Mampu menjelaskan dan menganalisis sifat-sifat fisika dan kimia nanomaterial serta hubungannya dengan aplikasi praktis dalam industri dan/atau teknologi.
- Mampu menjelaskan berbagai metode sintesis dan teknik karakterisasi nanomaterial.
- Mampu bekerja dalam tim untuk merancang dan melaksanakan literatur review nanoteknologi yang melibatkan proses fabrikasi dan karakterisasi, , serta mampu menyajikan hasil proyek secara efektif.
- Mampu mengidentifikasi dan menganalisis aplikasi nanomaterial dalam kehidupan sehari-hari, mengevaluasi tantangan dan prospek inovasi, serta memahami dampak lingkungan dan kesehatan yang terkait, sekaligus mengembangkan strategi pembelajaran yang berkelanjutan mengikuti perkembangan nanoteknologi.
| - Able to explain the definition of nanotechnology and identify potential applications of nanotechnology in various industrial fields and daily life.
- Able to explain and analyze the physical and chemical properties of nanomaterials and their relationship with practical applications in industry and/or technology.
- Able to explain various synthesis methods and characterization techniques of nanomaterials.
- Able to work in teams to design and carry out nanotechnology literature reviews involving fabrication and characterization processes, and able to present project results effectively.
- Able to identify and analyze nanomaterial applications in daily life, evaluate challenges and prospects for innovation, and understand related environmental and health impacts, while developing sustainable learning strategies following the development of nanotechnology.
|
---|
Metode Pembelajaran | Ceramah
Diskusi kelompok
Pembelajaran Kooperatif | Lecture
Group discussion
Cooperative Learning |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring/Daring | Offline/Online |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Ujian tertulis
Tugas kelompok | Written exam
Group assignment |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|