Kode Mata Kuliah | MG4015 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 125 - Metallurgical Engineering / FTTM |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Pemanfaatan Mineral Industri | Industrial Minerals |
---|
Bahan Kajian | - Pohon industri dan pemanfaatan mineral industri
- Aplikasi mineral industri
- Industri gelas dan semen
- Bata tahan api
- Batu mulia
- Elektrolitik mangan dioksida
- Siklus mineral industri
| - Industrial tree and utilization of industrial minerals
- Applications of industrial minerals
- Glass and cement industry
- Refractory bricks
- Gem stones
- Electrolytic manganese dioxide
- Industrial mineral cycle
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu menerapkan pengetahuan matematika, ilmu pengetahuan alam, dan rekayasa dalam mengenvaluasi pengolahan mineral industri.
- Memahami dan memvalidasi macam-macam mineral industri yang potensial untuk dimanfaatkan dalam industri.
- Mengetahui dan mengevaluasi proses pembuatan semen, proses elektolirik mangan dioksida, keramik, mineral zirkonia, refraktori serta proses-proses lainnya dalam industri lainnya baik sebagai bahan baku ataupun bahan setengah jadi.
- Mampu meningkatkan kemampuan komunikasi melalui presentasi untuk menelaah pemanfaatan mineral industri.
| - Able to apply knowledge of mathematics, natural sciences, and engineering in evaluating industrial mineral processing.
- Understand and validate various types of industrial minerals with potential applications in industry.
- Know and evaluate the processes of cement production, electrolytic manganese dioxide, ceramics, zirconia minerals, refractories, and other processes in various industries, both as raw materials and semi-finished products.
- Able to enhance communication skills through presentations to review the utilization of industrial minerals.
|
---|
Metode Pembelajaran | Kegiatan proses belajar dalam kelas
Kegiatan penugasan terstruktur | Classroom learning activities
Structured assignments |
---|
Modalitas Pembelajaran | Kombinasi ceramah dan diskusi, pembelajaran mandiri dari literatur atau video, pembelajaran berbasis masalah, tugas mandiri, kuis rutin bersama, dan pembelajaran kooperatif. | Combination of lectures and discussions, self-learning from literature or videos, problem-based learning, individual assignments, regular quizzes, and cooperative learning. |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Ujian Tengah Semester (UTS)
Ujian Tengah Semester (UAS)
Tugas Mandiri
Kuis atau Komponen Penilaian Lainnya | Midterm Exam (UTS)
Final Exam (UAS)
Individual Assignments
Quizzes or Other Assessment Components |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|