Kode Mata KuliahMG4036 / 2 SKS
Penyelenggara125 - Metallurgical Engineering / FTTM
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahDegradasi Logam Pada Temperatur TinggiDegradation of Metals at High Temperatures
Bahan Kajian
  1. Lingkungan operasi pada temperatur tinggi
  2. Baja temperatur tinggi
  3. Superalloy berbasis Ni dan Co serta paduan berbasis Ti dan refraktori
  4. Degradasi logan temperatur tinggi
  5. Perayapan
  6. Korosi, oksidasi, dan coatings pada temperatur tinggi
  1. High-temperature operating environment
  2. High-temperature steel
  3. Ni and Co-based superalloys, Ti-based alloys, and refractories
  4. High-temperature metal degradation
  5. Creep
  6. High-temperature corrosion, oxidation, and coatings
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mampu untuk menerapkan pengetahuan matematika, ilmu pengetahuan alam, dan rekayasa untuk mengevaluasi permasalahan degradasi logam pada temperatur tinggi dan upaya pengendaliannya.
  2. Memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk mengevaluasi terkait syarat yang berlaku bagi pemakaian logam di lingkungan temperatur tinggi dan peran paduan logam temperatur tinggi di industri terutama dalam upaya untuk penghematan energi dan lingkungan yang semakin bersih.
  3. Mampu menganalisis mekanisme degradasi serta upaya pengendaliannya.
  1. Able to apply knowledge of mathematics, natural sciences, and engineering to evaluate problems of metal degradation at high temperatures and control measures.
  2. Possesses knowledge and capability to evaluate the requirements for using metals in high-temperature environments and the role of high-temperature alloys in industry, particularly for energy savings and cleaner environmental practices.
  3. Able to analyze degradation mechanisms and control efforts.
Metode PembelajaranKegiatan proses belajar dalam kelas Kegiatan penugasan terstrukturClassroom Learning Activities Structured Assignment Activities
Modalitas PembelajaranKombinasi ceramah dan diskusi, pembelajaran mandiri dari literatur atau video, pembelajaran berbasis masalah, tugas mandiri, kuis rutin bersama, dan pembelajaran kooperatif.Combination of lectures and discussions, self-study from literature or videos, problem-based learning, independent tasks, regular quizzes, and cooperative learning.
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianUjian Tengah Semester (UTS) Ujian Tengah Semester (UAS) Tugas Mandiri Kuis atau Komponen Penilaian LainnyaMid-Semester Exams (UTS) End-of-Semester Exams (UAS) Independent Tasks Quizzes or Other Assessment Components
Catatan Tambahan