Kode Mata Kuliah | MG4036 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 125 - Metallurgical Engineering / FTTM |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Degradasi Logam Pada Temperatur Tinggi | Degradation of Metals at High Temperatures |
---|
Bahan Kajian | - Lingkungan operasi pada temperatur tinggi
- Baja temperatur tinggi
- Superalloy berbasis Ni dan Co serta paduan berbasis Ti dan refraktori
- Degradasi logan temperatur tinggi
- Perayapan
- Korosi, oksidasi, dan coatings pada temperatur tinggi
| - High-temperature operating environment
- High-temperature steel
- Ni and Co-based superalloys, Ti-based alloys, and refractories
- High-temperature metal degradation
- Creep
- High-temperature corrosion, oxidation, and coatings
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu untuk menerapkan pengetahuan matematika, ilmu pengetahuan alam, dan rekayasa untuk mengevaluasi permasalahan degradasi logam pada temperatur tinggi dan upaya pengendaliannya.
- Memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk mengevaluasi terkait syarat yang berlaku bagi pemakaian logam di lingkungan temperatur tinggi dan peran paduan logam temperatur tinggi di industri terutama dalam upaya untuk penghematan energi dan lingkungan yang semakin bersih.
- Mampu menganalisis mekanisme degradasi serta upaya pengendaliannya.
| - Able to apply knowledge of mathematics, natural sciences, and engineering to evaluate problems of metal degradation at high temperatures and control measures.
- Possesses knowledge and capability to evaluate the requirements for using metals in high-temperature environments and the role of high-temperature alloys in industry, particularly for energy savings and cleaner environmental practices.
- Able to analyze degradation mechanisms and control efforts.
|
---|
Metode Pembelajaran | Kegiatan proses belajar dalam kelas
Kegiatan penugasan terstruktur | Classroom Learning Activities
Structured Assignment Activities |
---|
Modalitas Pembelajaran | Kombinasi ceramah dan diskusi, pembelajaran mandiri dari literatur atau video, pembelajaran berbasis masalah, tugas mandiri, kuis rutin bersama, dan pembelajaran kooperatif. | Combination of lectures and discussions, self-study from literature or videos, problem-based learning, independent tasks, regular quizzes, and cooperative learning. |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Ujian Tengah Semester (UTS)
Ujian Tengah Semester (UAS)
Tugas Mandiri
Kuis atau Komponen Penilaian Lainnya | Mid-Semester Exams (UTS)
End-of-Semester Exams (UAS)
Independent Tasks
Quizzes or Other Assessment Components |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|