Kode Mata Kuliah | MG4024 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 125 - Metallurgical Engineering / FTTM |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Metalurgi Pemurnian Baja | Metallurgy of Steel Refining |
---|
Bahan Kajian | - Teknologi pembuatan besi dan baja
- Pemurnian baja tahap I (primer) di BOF
- Pemurnian baja tahap I (primer) di EAF
- Pemurnian baja tahap II (sekunder) di ladle
- Pemurnian baja tahap II (sekunder) di ladle furnace dan CAS-OB
- Pemurnian baja tahap II (sekunder) di RH
- Pemurnian baja tahap II (sekunder) di VD
- Pemurnian baja tahap III (tersier) di ESR dan VAR
- Inklusi dan baja bersih
- Baja tahan karat (AOD dan VOD)
| - Technology of Iron and Steel Production
- Steel refining stage I (primary) in BOF
- Steel refining stage I (primary) in EAF
- Steel refining stage II (secondary) in ladle
- Steel refining stage II (secondary) in ladle furnace and CAS-OB
- Steel refining stage II (secondary) in RH
- Steel refining stage II (secondary) in VD
- Steel refining stage II (secondary) in ESR and VAR
- Inclusions and clean steel
- Stainless steel (AOD and VOD)
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu menerapkan pengetahuan matematika, ilmu pengetahuan alam, dan rekayasa untuk mengevaluasi proses pemurnian baja.
- Mampu menjelaskan dan mengevaluasi proses-proses pemurnian baja untuk menghasilkan produk baja sesuai dengan spesifikasi.
- Mampu mengidentifikasi, memformulasi, dan memecahkan permasalahan terkait pemurnian baja dalam batasan-batasan tertentu.
| - Able to apply knowledge of mathematics, natural sciences, and engineering to evaluate the steel refining process.
- Able to explain and evaluate steel refining processes to produce steel products according to specifications.
- Able to identify, formulate, and solve problems related to steel refining within specific constraints.
|
---|
Metode Pembelajaran | Kegiatan proses belajar dalam kelas
Kegiatan penugasan terstruktur | Classroom learning activities
Structured assignments |
---|
Modalitas Pembelajaran | Kombinasi ceramah dan diskusi, pembelajaran mandiri dari literatur atau video, pembelajaran berbasis masalah, tugas mandiri, kuis rutin bersama, dan pembelajaran kooperatif. | Combination of lectures and discussions, self-directed learning from literature or videos, problem-based learning, individual assignments, regular quizzes, and cooperative learning. |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Ujian Tengah Semester (UTS)
Ujian Tengah Semester (UAS)
Tugas Mandiri
Kuis atau Komponen Penilaian Lainnya | Midterm Exam (UTS)
Final Exam (UAS)
Individual Assignment
Quizzes or Other Assessment Components |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|