Kode Mata Kuliah | MG4038 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 125 - Metallurgical Engineering / FTTM |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Metode Komputasi Desain Paduan Logam | Computational Methods of Alloy Design |
---|
Bahan Kajian | - Pendekatan desain paduan logam
- Pengantar komputasi material dan metalurgi
- Metode prinsip pertama teori fungsional kerapatan (DFT)
- Metode dinamika molekuler
- Metode termodinamika komputasional (CALPHAD)
- Metode pembelajaran mesin
| - Alloy design approaches
- Introduction to computational materials and metallurgy
- First-principle density functional theory (DFT) method
- Molecular dynamics method
- Computational thermodynamics (CALPHAD) method
- Machine learning methods
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu menerapkan dan mengevaluasi pengetahuan terkait desain paduan logam dan dasar-dasar yang terkait dengannya melalui metode komputasi.
- Mampu memahami dan menganalisis aplikasi dan prinsip dalam penyusunan simulasi komputer dalam perancangan paduan logam.
- Mampu untuk merancang paduan logam baru dalam skala atom dengan sifat mekanis yang lebih baik.
- Mampu menyusun metode komputasi, melakukan simulasi dalam skala atom untuk mendesain paduan logam baru dengan sifat mekanis yang lebih baik, dan mengevaluasi hasilnya.
| - Able to apply and disseminate knowledge related to metal alloy design and the basics related to it through computational methods.
- Able to understand and analyze applications and principles in compiling computer simulations in metal alloy design.
- Able to design new metal alloys on an atomic scale with better mechanical properties.
- Able to compile computational methods, conduct simulations on an atomic scale to design new metal alloys with better mechanical properties, and produce results.
|
---|
Metode Pembelajaran | Kegiatan proses belajar dalam kelas
Kegiatan penugasan terstruktur
Praktikum | Classroom Learning Activities
Structured Assignment Activities
Practical Work |
---|
Modalitas Pembelajaran | Kombinasi ceramah dan diskusi, pembelajaran mandiri dari literatur atau video, pembelajaran berbasis masalah, tugas mandiri, kuis rutin bersama, pembelajaran kooperatif, dan praktikum komputasi. | Combination of lectures and discussions, self-study from literature or videos, problem-based learning, independent assignments, regular quizzes together, cooperative learning, and computational laboratory exercises. |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Ujian Tengah Semester (UTS)
Ujian Tengah Semester (UAS)
Tugas Mandiri
Kuis atau Komponen Penilaian Lainnya
Keterampilan Pengerjaan, Laporan, dan Presentasi Hasil Praktikum | Midterm Exam (UTS)
Final Exam (UAS)
Independent Assignments
Quizzes or Other Assessment Components
Skills in Execution, Reporting, and Presentation of Computational Laboratory Results |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|