Kode Mata Kuliah | PB6022 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 226 - Geothermal Engineering / FTTM |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Simulasi Reservoir Geotermal | Geothermal Reservoir Simulation |
---|
Bahan Kajian | - Konsep dasar dan tujuan simulasi reservoir
- Review sifat-sifat batuan dan fluida reservoir dan penyelesaian persamaan-persamaan dasar simulasi reservoir secara numerik
- Simulasi reservoir dengan software TOUGH2 dalam satu, dua dan tiga dimensi dan melakukan berbagai skenario pengembangan untuk masa yang akan datang
|
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa mampu melakukan simulasi reservoir untuk menirukan kondisi reservoir kedalam model komputer dan juga mampu meramalkan berbagai skenario pengembangan untuk masa yang akan dating
- Mahasiswa mampu memahami konsep dasar simulasi reservoir panasbumi dan tujuan simulasi, perbedaannya dengan lump parameter model dan tahap pekerjaan, mulai dari pengkajian data hingga penyusunan laporan
- Mahasiswa mampu memahami konsep pembagian grid dalam model yang dibuat, konsekuensi dari dikretisasi (time step) serta memahami tujuan dari dilakukannnya natural state modelling dan history matching dan peramalan kinerja
- Mahasiswa mampu memahami dasar-dasar yang harus dipertimbangakan dalam memilih dimensi model, peta-peta yang harus dipersiapkan untuk dapat merepresentasikan sifat batuan, fluida, P, T, sumur dan manifestasi permukaan
- Mahasiswa mampu memahami langkah-langkah yang dilakukan untuk memodelkan kondisi reservoir pada keadaan awal
- Mahasiswa mampu memahami faktor-faktor yang dipertimbangkan untuk membuat skenario produksi-injeksi ke depan
- Mahasiswa mampu membuat model aliran reservoir dan menguji validitas simulator untuk pemodelan reservoir
- Mahasiswa mampu memahami cara menyiapkan dan menganalisa data yang diperlukan dalam pembuatan model produksi dan prediksi kinerja reservoir
|
|
---|
Metode Pembelajaran | Kuliah, diskusi, kerja mandiri | |
---|
Modalitas Pembelajaran | Pembelajaran aktif, diskusi, penugasan mandiri, penugasan kelompok | |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Ujian tertulis, rangkuman hasil kajian literatur, Laporan & presentasi projek.
Nilai akhir = 40% Project + 40% UTS + 20% Tugas | |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|