Kode Mata KuliahPB6013 / 3 SKS
Penyelenggara226 - Geothermal Engineering / FTTM
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahAlterasi HidrotermalHydrothermal Alteration
Bahan Kajian
  1. Pengetahuan tentang ubahan/alterasi hidrotermal yang terjadi pada sistem geotermal terutama yang terjadi di bawah permukaan
  2. Pengetahuan tentang cara mengenal mineral alterasi hidrotermal, baik mineral lempung maupun non lempung
  3. Proses yang terjadi pada fluida geotermal/hidrotermal berdasarkan kumpulan mineral hidrotermalnya
  4. Interpretasi lingkungan geotermal dan prediksi kemungkinan yang terjadi bila fluida geotermal dieksploitasi
  5. Pengetahuan tentang transfer massa akibat interaksi fluida dan batuan, kimia mineral, diagram aktivitas, inklusi fluida, bore hole geology dan geophysical well loging yang dapat membantu interpretasi studi alterasi hidrotermal.
    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. Mahasiswa mampu menginterpretasi lingkungan geotermal, terutama kondisi reservoir, berdasarkan kehadiran mineral sekunder hasil alterasi hidrotermal
    2. Mahasiswa mampu mengetahui tipe-tipe alterasi hidrotermal, intensitas dan rangking alterasi, memahami proses dan faktor pembentukannya
    3. Mahasiswa mampu mengetahui berbagai metode identifikasi mineral yang umum dipergunakan dan tingkat akurasi/sensitivitasnya terhadap mineral tertentu
    4. Mahasiswa mampu menginterpretasi sistem geotermal dari data cutting dan logging
    5. Mahasiswa mampu memahami berbagai mineral lempung dan kalk silikat dan arti pentingnya dalam geotermal
    6. Mahasiswa mampu mengetahui prinsip dasar inklusi fluida dan aplikasinya dalam geotermal
    7. Mahasiswa mampu memgekstrak data dari borehole geologi, geophysical logging, composite log dan mengintegrasikan dengan data alterasi hidrotermal dan interpretasi sistem geotermalnya
    8. Mahasiswa mampu memahami diagram aktivasi, memahami dinamika perubahan fluida berdasarkan kumpulan mineral alterasi
    9. Mahasiswa mampu mengkompilasi data alterasi, inklusi fluida dan kimia batuan untuk mendeskripsi model sistem hidrotermal
      Metode PembelajaranKuliah, diskusi, kerja mandiri
      Modalitas PembelajaranPembelajaran aktif, diskusi, penugasan mandiri, penugasan kelompok
      Jenis NilaiABCDE
      Metode PenilaianUjian tertulis, review hasil kajian literatur, presentasi. Nilai akhir = 40% UAS + 40% UTS + 20% TugasFinal score = 40% UAS + 40% UTS + 20% Assignment
      Catatan Tambahan