Kode Mata Kuliah | PB6026 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 226 - Geothermal Engineering / FTTM |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Kapita Selekta Rekayasa Geotermal | Special Topic in Geothermal Engineering |
---|
Bahan Kajian | - Topik khusus dalam bidang geotermal yang tidak/belum termasuk dalam program kegiatan kuliah reguler
|
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa mampu menjelaskan: 1. Parameter yang terkait reservoir dan sumur, yang berpengaruh terhadap besarnya laju alir masa (laju produksi) dari sumur. 2. Pengaruh dari masing-masing parameter tersebut terhadap laju alir masa dari sumur! 3. Penyebab dari banyak sumur-sumur di lapangan geothermal dominasi air tidak mampu berproduksi secara alamiah. 3. Menjelaskan metoda yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kemampuan batuan untuk mengalirkan fluida dari reservoir kedalam sumur.
- Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menganalisa data dari pengujian sumur secara terintegrasi untuk mengidentifikasi karakteristik reservoir.
- Mahasiswa memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi dan menganalisa permasalahan yang terjadi di lapangan, serta memahami solusi yang dilakukan untuk mengantasi permasalahan tersebut; mempresentasikan hasil studinya dan berdiskusi dan Q & A.
- Mahasiswa mampu menjelaskan: 1. Definisi dan mekanisme korosi, 2. Jenis-jenis korosi, berikut korosi yang dapat terjadi di geotermal, baik di fasilitas permukaan dan fasilitas bawah permukaan, 3. Varibel yang mempengaruhi laju korosi di geotermal, 4. Proses-proses pengendalian korosi, 5. Posisi dan jenis-jenis kerusakan yang dapat terjadi di fasilitas produksi permukaan.
|
|
---|
Metode Pembelajaran | Kuliah, diskusi, kerja mandiri | |
---|
Modalitas Pembelajaran | Pembelajaran aktif, diskusi, penugasan mandiri, penugasan kelompok | |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Ujian tertulis, karya tulis, presentasi.
Nilai akhir = 40% UAS + 40% UTS + 20% Tugas | Final score = 40% UAS + 40% UTS + 20% Assignment |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|