Kode Mata Kuliah | PB6017 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 226 - Geothermal Engineering / FTTM |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Kapita Selekta Eksplorasi Geotermal | Special Topic in Geothermal Exploration |
---|
Bahan Kajian | - Topik khusus dalam bidang geotermal yang tidak/belum termasuk dalam program kegiatan kuliah reguler
|
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa mampu menguasai ilmu dan teknologi lain yang telah dimanfaatkan industri khususnya dalam eksplorasi geotermal
- Mahasiswa mampu menjelaskan penyebab dari terjadinya kerusakan di sekitar lubang sumur dan parameter yang umum digunakan untuk mengetahui ada/tidaknya kerusakan di sekitar lubang sumur
- Mahasiswa mampu menjelaskan parameter yang terkait reservoir dan sumur, yang berpengaruh terhadap besarnya laju alir masa (laju produksi) dari sumur
- Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menganalisa data dari pengujian sumur secara terintegrasi untuk mengidentifikasi karakteristik reservoir
- Mahasiswa mampu membedakan respond tekanan saat welltesting (Build-up) untuk NFR dan homogeneous/unfractured reservoir
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dual-continua (dual-porosity model)
- Mahasiswa mampu menjelaskan dasar dan tujuan pemilihan material untuk aplikasi di geotermal
- Mahasiswa mampu menjelaskan definisi dan mekanisme korosi
- Mahasiswa mampu menjelaskan tentang konsep EGS, serta kelebihan dari EGS dibandingkan dengan sistem geothermal konvensional/hydrothermal systems
- Mahasiswa mampu menjelaskan aplikasi EGS yang paling sesuai untuk kondisi Indonesia dan menggambarkan secara skematik cara pemanfaatannya baik sub surface maupun surface facilities-nya
|
|
---|
Metode Pembelajaran | Kuliah, diskusi, kerja mandiri | |
---|
Modalitas Pembelajaran | Pembelajaran aktif, diskusi, penugasan mandiri, penugasan kelompok | |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Ujian tertulis, rangkuman hasil kajian literatur, presentasi.
Nilai akhir = 40% UAS + 40% UTS + 20% Tugas | Final score = 40% UAS + 40% UTS + 20% Assignment |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|