Kode Mata Kuliah | TA5130 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 221 - Mining Engineering / FTTM |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan | Natural Resource and Environmental Economics |
---|
Bahan Kajian | - Pengantar Ekonomi Sumberdaya Alam dan Ekonomi Lingkungan
- Konsep Sustainability dan Isu-Isu terkait Sustainability
- Etika Lingkungan
- Alokasi Sumberdaya Alam berdasarkan Waktu
- Teori Optimal Resource Extraction: Sumberdaya Alam Tak Terbarukan
- Teori Optimal Resource Extraction: Sumberdaya Alam Terbarukan
- Pengendalian Pencemaran
- Masalah Lingkungan Skala Internasional
- Valuasi Lingkungan, Pemodelan Input – Output Lingkungan
- Cost-Benefit Analysis
- Isu Global : Perubahan Iklim
- Isu Global : Sustainable Development Goals
|
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa memahami prinsip ekonomi yang diterapkan dalam pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan; definisi dan perlunya keberlanjutan terkait pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan; serta etika lingkungan.
- Mahasiswa menguasai prinsip-prinsip dan metode alokasi sumberdaya terhadap waktu ; metode-metode dalam menentukan alokasi sumberdaya tidak terbarukan dengan konsep horizon waktu panjang; prinsip alokasi sumberdaya yang efisien seperti model dua periode, N-periode biaya konstan, dan model transisi substitusi, serta aspek biaya ekstraksi sumberdaya alam dan lingkungan, khususnya terkait biaya marjinal untuk menentukan tingkat ekonominya.
- Mahasiswa menguasai berbagai aspek biaya ekstraksi sumberdaya alam dan lingkungan, khususnya terkait biaya marjinal untuk menentukan tingkat ekonominya untuk sumberdaya terbarukan; mekanisme dan prosedur untuk kontrol polusi; sejarah dan perkembangan isu lingkungan global yang mempengaruhi pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan.
- Mahasiswa menguasai dan dapat melakukan berbagai metode valuasi lingkungan; analisis lingkungan dengan menggunakan model I-O; analisis suatu studi kasus pemanfaatan sumberdaya alam dan lingkungan dengan metode CBA.
|
|
---|
Metode Pembelajaran | Kuliah, Diskusi, Studi Kasus, Kerja Mandiri | |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring Sinkron | |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | UTS, UAS, dan Tugas. | |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|