Kode Mata KuliahTM4017 / 3 SKS
Penyelenggara122 - Petroleum Engineering / FTTM
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahPengembangan Lapangan Panas BumiGeothermal Field Development
Bahan Kajian
  1. Nenny Miryani Saptadji, Teknik Panas Bumi, , ITB, 2001
  1. Nenny Miryani Saptadji, Teknik Panas Bumi, , ITB, 2001
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mampu mengidentifikasi berbagai sumber data dan ketidakpastian terkait pengembangan lapangan panas bumi Mampu menerapkan solusi analitis atau numerik yang tepat untuk mengevaluasi permasalahan teknis operasi lapangan panas bumi Mampu mengintegrasikan aspek bawah permukaan dan permukaan dalam optimalisasi perolehan fluida dan injeksi fluida bawah permukaan pada lapangan panas bumi
  2. Mampu mengidentifikasi komponen teknis dari sistem teknik panas bumi Mampu merancang sistem, komponen, atau proses rekayasa lapangan panas bumi Mampu mengoptimalkan sistem rekayasa perminyakan dengan mempertimbangkan faktor kesehatan, keselamatan, lingkungan, dan ekonomi pada pengembangan lapangan panas bumi
  3. Mampu mengambil inisiatif untuk memenuhi kebutuhan tim dan menjaga serta menghormati satu sama lain Menciptakan lingkungan di mana perspektif dan masukan setiap anggota tim didengarkan dan dihormati Mampu membuat dan menerapkan protokol yang bisa diterapkan untuk berkomunikasi di luar kelas sebagai sebuah tim Berkolaborasi untuk membuat rencana proyek yang realistis dan terdokumentasi untuk menetapkan tujuan, merencanakan tugas, dan mencapai tujuan
  4. Memperoleh pengetahuan baru berdasarkan berbagai sumber pada lapangan panas bumi Menerapkan pengetahuan baru untuk memecahkan masalah Teknik pengembangan lapangan panas bumi yang relevan sesuai kebutuhan
  1. Able to identify various data sources and uncertainties related to geothermal field development Able to apply appropriate analytical or numerical solutions to evaluate technical problems of geothermal field operations Able to integrate subsurface and surface aspects in optimizing fluid recovery and subsurface fluid injection in geothermal fields
  2. Able to identify technical components of geothermal engineering systems Able to design systems, components or geothermal field engineering processes Able to optimize petroleum engineering systems by considering health, safety, environmental and economic factors in geothermal field development
  3. Able to take initiative to meet team needs and look after and respect each other Create an environment where each team member's perspective and input is heard and respected Able to create and implement workable protocols for communicating outside the classroom as a team Collaborate to create a realistic and documented project plan to set goals, plan tasks, and achieve goals
  4. Obtain new knowledge based on various sources in the geothermal field Apply new knowledge to solve relevant geothermal field development Engineering problems as needed
Metode PembelajaranDiskusi Kelompok Pembelajaran Berbasis Masalah Diskusi Seminar dan Presentasi Studi KasusGroup discussion Problem Based Learning Seminar Discussions and Presentations Case study
Modalitas PembelajaranLuring Asinkron Mandiri KelompokOffline Asynchronous Independent Group
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianKuis Tugas Ujian Tengah Semester Ujian Akhir SemesterQuiz Task Midterm exam Final exams
Catatan Tambahan