Kode Mata Kuliah | SI1241 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 150 - Civil Engineering / FTSL |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Pengantar Rekayasa Transportasi | Introduction to Transportation Engineering |
---|
Bahan Kajian | - Permasalahan, sistem, evolusi transportasi
- Karakteristik moda dan jaringan transportasi
- Perencanaan dan ekonomi transportasi
- Aspek keselamatan dan lingkungan transportasi
- Elemen arus lalu lintas
- Karakteristik dan model makroskopik lalu lintas
- Survey lalu lintas
- Perangkat pengendalian lalu lintas
- Pengaturan simpang, perancangan simpang bersinyal
| - Problems, systems, evolution of transportation
- Characteristics of transportation modes and networks
- Transportation planning and economics
- Safety and environmental aspects of transportation
- Elements of traffic flow
- Characteristics and macroscopic traffic models
- Traffic surveys
- Traffic control devices
- Intersection control, design of signalized intersections
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Kemampuan untuk menerapkan model matematik dalam analisis arus lalu lintas
- Kemampuan untuk mendeskripsikan dan mengidentifikasi prinsip kerekayasaan yang ada dalam suatu sistem transportasi
- Kemampuan untuk berinteraksi dengan rekan kerja dari disiplin dan latar belakang ilmu yang berbeda dalam memahami masalah transportasi
- Kemampuan untuk membuat presentasi yang informatif dan menarik secara visual
- Kemampuan untuk menggunakan bahasa dan tata bahasa yang baik termasuk penggunaan persamaan matematika dan ilustrasinya
- Kemampuan untuk mengidentifikasi konteks ekonomi, sosial, dan lingkungan global dalam menganalisis permasalahan transportasi
| - Ability to apply mathematical models in traffic flow analysis
- Ability to describe and identify engineering principles within a transportation system
- Ability to interact with colleagues from different disciplines and backgrounds to understand transportation problems
- Ability to create informative and visually engaging presentations
- Ability to use proper language and grammar, including the use of mathematical equations and their illustrations
- Ability to identify the economic, social, and global environmental contexts in analyzing transportation issues
|
---|
Metode Pembelajaran | Diskusi kelompok, simulasi dan bermain peran, studi kasus, ceramah | |
---|
Modalitas Pembelajaran | Bauran | |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | UTS (35%), UAS (35%), Tugas Besar (20%), Kuis (10%) | |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|