Kode Mata KuliahIF5121 / 3 SKS
Penyelenggara235 - Informatics / STEI
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahPerancangan Perangkat LunakSoftware Design
Bahan Kajian
  1. Dasar-dasar Perancangan Perangkat Lunak
  2. Arsitektur Perangkat Lunak
  3. Pola Perancangan (Design Pattern)
  4. Perancangan Antarmuka Pengguna
  5. Analisis dan Evaluasi Kualitas Hasil Perancangan Perangkat Lunak
  6. Notasi Perancangan Perangkat Lunak
  7. Strategi dan Metode Perancangan Perangkat Lunak
  8. Alat Bantu Perancangan Perangkat Lunak
    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. Mampu merancang arsitektur perangkat lunak untuk suatu kebutuhan pembangunan perangkat lunak dengan justifikasi yang tepat serta memodelkannya dalam notasi yang benar
    2. Mampu merancang komponen pada arsitektur perangkat lunak dengan lebih rinci
    3. Mampu memilih dan memanfaatkan design pattern dalam perancangan perangkat lunak
    4. Mampu menilai kualitas rancangan yang telah dihasilkan
    5. Mampu bekerja dan berperan efektif dalam tim
      Metode Pembelajaran● Proses belajar dalam kelas ● Penugasan terstruktur dengan studi kasus
      Modalitas Pembelajaran● Pembelajaran tatap muka (audio, visual) ● Pembelajaran daring
      Jenis NilaiABCDE
      Metode Penilaian● Ujian ● Kuis ● Tugas Terstruktur
      Catatan Tambahan