Kode Mata Kuliah | BI5090 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 206 - Biology / SITH |
---|
Kategori | Final Project / Thesis / Dissertation |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Penulisan Proposal | Proposal Writing |
---|
Bahan Kajian | - Telaah litelatur
- Perancangan penelitian
- Penyusunan proposal penelitian
| - Literature review
- Research design
- Preparation of a research proposal
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Desain Eksperimen: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk merancang eksperimen biologi yang valid dan reliable, termasuk pemilihan sampel, kontrol, dan variabel.
- Kemampuan Komunikasi Lisan: Mahasiswa mampu menyampaikan ide dan informasi dengan jelas dan efektif dalam berbagai konteks, termasuk presentasi dan diskusi dengan menggunakan alat bantu visual dan teknologi presentasi secara efektif
- Kemampuan Komunikasi Tulis: Mahasiswa mampu menulis laporan, makalah, dan dokumen lain dengan struktur yang baik dan gaya bahasa yang tepat untuk menyampaikan informasi secara efektif kepada audiens yang dituju.
| - Experiment Design: Students have the ability to design valid and reliable biological experiments, including sample selection, controls, and variables.
- Oral Communication Skills: Students are able to convey ideas and information clearly and effectively in a variety of contexts, including presentations and discussions using visual aids and presentation technology effectively.
- Written Communication Skills: Students are able to write reports, papers, and other documents with good structure and appropriate language style to convey information effectively to the intended audience.
|
---|
Metode Pembelajaran | Penyampaian materi, diskusi, dan kerja mandiri. | lectures, discussions, and independent work. |
---|
Modalitas Pembelajaran | Jalur Proses Pendidikan by Research: Mandiri dan daring penuh.
Jalur Proses Pendidikan by Thesis: Terstruktur dan terfasilitasi (Web Enhanced)
Jalur Proses Pendidikan by Case Study: Mandiri, terstruktur, dan bauran (Blend) | By Research: Independent and fully online.
By Thesis: Structured and facilitated (web enhanced).
By Case Study: Independent, structured and blended. |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Dilakukan secara terpadu untuk menilai:
1. Aspek pengetahuan melalui tes tulis berupa kuis, UTS, UAS, dan tugas mandiri/kelompok.
2. Aspek keterampilan melalui presentasi (rubrik)
3. Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitas | Conducted in an integrated manner to assess:
1. Knowledge aspects through written tests in the form of quizzes, midterms, final exams, and independent/group assignments.
2. Skill aspect through presentation (rubric)
3. Attitude aspect through activeness, honesty/plagiarism, and creativity 3. |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|