Kode Mata Kuliah | BI6092 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 206 - Biology / SITH |
---|
Kategori | Final Project / Thesis / Dissertation |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Seminar Hasil | Results Seminar |
---|
Bahan Kajian | - Penelitian mencapai minimal 80% peta jalan riset
- Penulisan laporan hasil penelitian
| - Research reaches at least 80% of the research roadmap
- Writing the research report
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Kemampuan Komunikasi Lisan: Mahasiswa mampu menyampaikan ide dan informasi dengan jelas dan efektif dalam berbagai konteks, termasuk presentasi dan diskusi dengan menggunakan alat bantu visual dan teknologi presentasi secara efektif.
- Diseminasi Pengetahuan: Mahasiswa mampu mendiseminasikan hasil studi atau penelitian kepada masyarakat luas melalui berbagai media, termasuk publikasi ilmiah, seminar, atau media sosial.
- Pembaruan Pengetahuan Terus-menerus: mampu secara aktif memperbarui pengetahuan mereka dengan mengikuti perkembangan terbaru dalam ilmu pengetahuan dan teknologi yang relevan dengan disiplin mereka.
- Responsif terhadap Tren Baru: mampu untuk cepat menanggapi dan mengintegrasikan tren baru dalam ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya yang terkait dengan fokus studinya.
| - Oral Communication Skills: Students are able to convey ideas and information clearly and effectively in a variety of contexts, including presentations and discussions using visual aids and presentation technology effectively.
- Knowledge Dissemination: Students are able to disseminate the results of studies or research to the wider community through various media, including scientific publications, seminars, or social media.
- Continuous Knowledge Update: able to actively update their knowledge by keeping up with the latest developments in science and technology relevant to their discipline.
- Responsive to New Trends: able to quickly respond to and integrate new trends in science and technology specifically related to the focus of their studies.
|
---|
Metode Pembelajaran | 1. Penyampaian secara lisan dan tertulis mengenai kemajuan penelitian
2. Diskusi dan tanya jawab oleh dosen pembimbing dan penguji | 1. Oral and written submission of research progress
2. Discussion and question-answer by the lecturer. |
---|
Modalitas Pembelajaran | Bersifat luring dan sinkron.
Moda penyerapan:
1. Visual melalui penyediaan slide dengan visualisasi, gambar, diagram, dsb.
2. Auditorial melalui penyampaian materi, tanya jawab, dan diskusi.
3. Kinestetik melalui partisipasi aktif di dalam kelas berupa presentasi dan diskusi | Absorption mode:
1. Visual through the provision of slides with visualizations, pictures, diagrams, etc.
2. Auditorial through material delivery, Q&A, and discussion.
3. Kinesthetic through active participation in class in the form of presentations and discussions. |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Pengisian rubrik secara terpadu untuk menilai:
1. Aspek pengetahuan melalui laporan tertulis dan/atau lisan berupa presentasi.
2. Aspek keterampilan melalui penilaian peforma penyampaian kemajuan penelitian.
3. Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitas | Performed in an integrated manner to assess:
1. Aspects of knowledge through written reports and / or oral presentations.
2. Aspects of skills through performance assessment of research progress delivery.
3. Aspects of attitude through activeness, honesty / plagiarism, and creativity. |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|