Kode Mata KuliahBI6092 / 2 SKS
Penyelenggara206 - Biology / SITH
KategoriFinal Project / Thesis / Dissertation
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahSeminar HasilResults Seminar
Bahan Kajian
  1. Penelitian mencapai minimal 80% peta jalan riset
  2. Penulisan laporan hasil penelitian
  1. Research reaches at least 80% of the research roadmap
  2. Writing the research report
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Kemampuan Komunikasi Lisan: Mahasiswa mampu menyampaikan ide dan informasi dengan jelas dan efektif dalam berbagai konteks, termasuk presentasi dan diskusi dengan menggunakan alat bantu visual dan teknologi presentasi secara efektif.
  2. Diseminasi Pengetahuan: Mahasiswa mampu mendiseminasikan hasil studi atau penelitian kepada masyarakat luas melalui berbagai media, termasuk publikasi ilmiah, seminar, atau media sosial.
  3. Pembaruan Pengetahuan Terus-menerus: mampu secara aktif memperbarui pengetahuan mereka dengan mengikuti perkembangan terbaru dalam ilmu pengetahuan dan teknologi yang relevan dengan disiplin mereka.
  4. Responsif terhadap Tren Baru: mampu untuk cepat menanggapi dan mengintegrasikan tren baru dalam ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya yang terkait dengan fokus studinya.
  1. Oral Communication Skills: Students are able to convey ideas and information clearly and effectively in a variety of contexts, including presentations and discussions using visual aids and presentation technology effectively.
  2. Knowledge Dissemination: Students are able to disseminate the results of studies or research to the wider community through various media, including scientific publications, seminars, or social media.
  3. Continuous Knowledge Update: able to actively update their knowledge by keeping up with the latest developments in science and technology relevant to their discipline.
  4. Responsive to New Trends: able to quickly respond to and integrate new trends in science and technology specifically related to the focus of their studies.
Metode Pembelajaran1. Penyampaian secara lisan dan tertulis mengenai kemajuan penelitian 2. Diskusi dan tanya jawab oleh dosen pembimbing dan penguji1. Oral and written submission of research progress 2. Discussion and question-answer by the lecturer.
Modalitas PembelajaranBersifat luring dan sinkron. Moda penyerapan: 1. Visual melalui penyediaan slide dengan visualisasi, gambar, diagram, dsb. 2. Auditorial melalui penyampaian materi, tanya jawab, dan diskusi. 3. Kinestetik melalui partisipasi aktif di dalam kelas berupa presentasi dan diskusiAbsorption mode: 1. Visual through the provision of slides with visualizations, pictures, diagrams, etc. 2. Auditorial through material delivery, Q&A, and discussion. 3. Kinesthetic through active participation in class in the form of presentations and discussions.
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianPengisian rubrik secara terpadu untuk menilai: 1. Aspek pengetahuan melalui laporan tertulis dan/atau lisan berupa presentasi. 2. Aspek keterampilan melalui penilaian peforma penyampaian kemajuan penelitian. 3. Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitasPerformed in an integrated manner to assess: 1. Aspects of knowledge through written reports and / or oral presentations. 2. Aspects of skills through performance assessment of research progress delivery. 3. Aspects of attitude through activeness, honesty / plagiarism, and creativity.
Catatan Tambahan