Kode Mata KuliahBP6021 / 3 SKS
Penyelenggara213 - Bio Management / SITH
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahAnalisis Kebijakan Pengelolaan Sumberdaya HayatiPolicy Analysis in Bioresource Management
Bahan Kajian
  1. Konsep-konsep sumberdaya hayati dalam konteks kebijakan pengelolaan sumber daya biologis
  2. Konsep-konsep analisis kebijakan dalam konteks proses pembuatan kebijakan, dan pembentukan peraturan perundang-undangan di Indonesia
  3. Penelitian kebijakan dan metode-metode dalam analisis kebijakan secara kualitatif maupun kuantitatif
  4. Kajian-kajian analisis kebijakan dalam dalam pengelolaan sumber daya hayati, mencakup: a) sumberdaya laut dan perikanan, b) sumberdaya hutan, c) pertanian, d) perkebunan, e) sumberdaya pesisir dan pulau-pulau kecil, f) sumberdaya air, g) energi dan sumberdaya mineral, h sumbeerdaya panas bumi
  1. Concepts of biological resources in the context of biological resource management policies
  2. Concepts of policy analysis in the context of policy-making process, and legislation formation in Indonesia
  3. Policy research and methods in qualitative and quantitative policy analysis
  4. Policy analysis studies in the management of biological resources, including: a) marine and fisheries, b) forests, c) agriculture, d) plantations, e) coastal and small islands, f) water, g) energy and minerals, h) geothermal resources. Policy analysis studies in the management of biological resources, including: a) marine and fisheries, b) forests, c) agriculture, d) plantations, e) coastal and small islands, f) water, g) energy and minerals, h) geothermal resources
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mampu mengambil keputusan (decision making) dalam permasalahan Biomanajemen
  2. Mampu menyelesaikan permasalahan (problem solving) dalam Biomanajemen
  1. Capable to make decisions on Biomanagement issues.
  2. Capable of solving problems in Biomanagement.
Metode PembelajaranTatap Muka, Tugas Mandiri, Tugas KelompokLectures, Individual Assignment, Group Assignment
Modalitas PembelajaranModa Penyerapan: Visual dan Auditorial Moda Pelaksanaan: Sinkronous dan AsinkronousMode of Engagement: Visual and Auditorial Mode of Implementation: Synchronous and Asynchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode Penilaian1. Ujian Akhir Semester 25% 2. Ujian Tengah Semester 25% 3. Tugas Kelompok 15% 4. Tugas Individu 15% 5. Presentasi 10% 6. Partisipasi aktif 10%1. Final Exam (25%) 2. Mid Term test (25%) 3. Group Assignment (15%) 4. Individual group (15%) 5. Presentation 10% 6. Active participation 10%
Catatan Tambahan