Kode Mata Kuliah | TG3111 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 123 - Geophysical Engineering / FTTM |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Seismik Refraksi dan Transmisi | Seismic Refraction and Transmission |
---|
Bahan Kajian | - Perambatan gelombang pada medium akustik dan elastik-isotropik dan ray tracing
- Identifikasi jenis gelombang langsung, refraksi/diving wave, refleksi dan transmisi
- konsep pengambilan data seismik refraksi dan transmisi secara geometri (linier, fan-shooting 3D), dan jenis gelombang P dan S untuk modulus
- Pengolahan data first arrival, kurva T-X
- Metode interpretasi resiprokal (Hagiwara, Masuda, Generalized Reciprocal Method)
- Konsep Inversi traveltime; Beberapa aplikasi metoda seismik refraksi, seismik transmisi pada masalah-masalah Geoteknik/engineering, pertambangan, geodinamika (sudut lebar), Distributed Acoustic Sensing
|
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa memahami akuisisi data, pengolahan data dan interpretasi data seismik refraksi baik menggunakan sensor geofon ataupun distributed acoustic sensing
- Mahasiswa mengerti prinsip dan dapat mengaplikasikan metode seismik refraksi dan transmisi, yang memanfaatkan waktu tempuh tercepat sebagai data utama, antara laintomografi (metode downhole-seismik, cross-hole seismik).
- Setiap mahasiswa mengerti/memahami fenomena perambatan gelombang seismik melalui medium akustik dan elastik-isotropik, pengaruh macam-macam sumber gelombang titik, memahami snapshots dan sintetik seismogram, dan memahami jenis-jenis fase gelombang seismik yang muncul di snapshots maupun di seismogram
|
|
---|
Metode Pembelajaran | Dosen mengajar mahasiswa di kelas. Akan ada kuis, tugas, atau pekerjaan rumah. Dosen menyajikan materi kuliah dengan menggunakan media seperti slide dan papan tulis. | |
---|
Modalitas Pembelajaran | Slide, beamer, papan tulis, internet | |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | UTS, UAS, Praktikum, Presentasi/Kuis/PR/Tugas | |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|