Kode Mata Kuliah | TG2204 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 123 - Geophysical Engineering / FTTM |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Gelombang Seismik dan Elektromagnetik | Seismic and Electromagnetic Wave |
---|
Bahan Kajian | - Pendahuluan; Gelombang pada tali dan batang: formulasi, solusi, interferensi, energi, refleksi dan transmisi;
- Gelombang elastik: tegangan dan regangan, hubungan konstitutif, persamaan gelombang elastik, persamaan potensial;
- Gelombang bidang: persamaan gelombang bidang, refleksi dan transmisi gelombang bidang;
- Gelombang permukaan: gelombang Rayleigh, gelombang Love, dispersi geometri;
- Ray Tracing: prinsip Fermat, persamaan waktu tempuh dan amplitudo;
- Difraksi: prinsip Huygen, eksploding reflektor;
- Atenuasi: prinsip dasar atenuasi dalam ruang dan waktu, dispersi fisik;
- Solusi gelombang dari sumber titik double-couple: solusi medan dekat, menengah dan jauh beserta sifat-sifatntya;
- Gelombang elektromagnetik (EM): hukum Maxwell, persamaan gelombang EM, solusi gelombang bidang EM, refleksi dan transmisi gelombang EM.
|
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa diharapkan mempunyai dasar yang baik untuk studi lebih lanjut yang berkaitan dengan gelombang, baik berhubungan dengan ekplorasi, kegempaan, geoteknik dan lain-lain.
- Mahasiswa mengerti konsep stress dan strain serta hukum Hooke dan mampu membangun model persamaan gelombang baik akustik maupun elastic
- Mahasiswa mengetahui ansatz solusi persamaan gelombang bidang
- Mahasiswa mengetahui prilaku gelombang bidang pada bidang batas
- Mahasiswa mengerti fenomena gelombang:diffraksi, atenuasi,
- Mahasiswa memahami karakter atau sifat dari gelombang permukaan Rayleigh dan Love
- Mahasiswa mengerti persamaan Maxwell, solusi untuk gelombang bidang dan prilakunya pada bidang batas
|
|
---|
Metode Pembelajaran | Kuliah di kelas
Dosen mengajar siswa di kelas. Akan ada kuis, tugas, atau pekerjaan rumah di beberapa kelas. Dosen menyampaikan materi kuliah dengan menggunakan media seperti slide pada LCD proyektor dan papan tulis.
Sesi tutorial
Dosen memberikan beberapa soal kepada mahasiswa. Di dalam kelas, mahasiswa menjelaskan bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut secara berkelompok. Dosen memeriksa bagaimana mereka menyelesaikan masalah secara bergantian. | |
---|
Modalitas Pembelajaran | Slide, beamer, papan tulis, internet, latihan, dll | |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | UTS: 40%
UAS : 40%
Kehadiran, Kuis, Tugas : 20% | |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|