Kode Mata KuliahMB6025 / 4 SKS
Penyelenggara290 - Management Science / SBM
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahPenelitian PemasaranMarketing Research
Bahan Kajian
  1. Pengantar Riset Pemasaran
  2. Mendefinisikan masalah riset pemasaran dan mengembangkan pendekatan penelitian
  3. Perumusan Desain Penelitian
  4. Desain Strategi Pengambilan Sampel
  5. Pengumpulan dan Analisis Data Sekunder
  6. Penelitian Kualitatif (eksploratif) dan Penelitian Kuantitatif (deskriptif, kasual, analisis data)
  1. Penelitian Kualitatif (eksploratif) dan Penelitian Kuantitatif (deskriptif, kasual, analisis data)
  2. Defining the marketing research problem and developing a research approach
  3. Research Design Formulation
  4. Sampling Strategy Design
  5. Secondary Data Collection and Analysis
  6. Qualitative Research (exploratory) and Quantitative Research (descriptive, casual, data analysis)
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Siswa akan dapat memahami peran riset pemasaran dalam pemasaran dan pengambilan keputusan.
  2. Siswa akan dapat mendefinisikan masalah riset pemasaran dan mengembangkan pendekatan.
  3. Mahasiswa akan mampu memahami tiga tipe dasar desain penelitian yaitu eksploratif, deskriptif, dan kausal dalam konteks riset pemasaran.
  4. Mahasiswa mampu memahami tata cara melakukan desain penelitian eksploratif dan merencanakan desain penelitian eksploratif.
  5. Mahasiswa akan dapat merasakan melakukan kegiatan penelitian eksploratif secara nyata.
  6. Mahasiswa mampu memahami tata cara melakukan desain penelitian deskriptif dan merencanakan desain penelitian deskriptif
  7. Mahasiswa akan dapat merasakan melakukan kegiatan penelitian deskriptif secara nyata.
  8. Mahasiswa mampu menerapkan prosedur statistik yang benar dalam menggunakan alat statistik terhadap data yang dikumpulkan.
  9. Siswa akan dapat menganalisis hasil dari alat statistik.
  10. Siswa akan dapat memberikan rekomendasi untuk pengambilan keputusan dan implikasi manajerial.
  1. Students will be able to understand the role of marketing research in marketing and decision-making.
  2. Students will be able to define the marketing research problem and develop an approach.
  3. Students will be able to understand three basic types of research designs, namely exploratory, descriptive, and causal in the context of marketing research.
  4. Students will be able to understand the procedure to conduct an Exploratory research design and to plan an exploratory research design.
  5. Students will be able to experience conducting real exploratory research activities.
  6. Students will be able to understand the procedure to conduct a descriptive research design and to plan a descriptive research design
  7. Students will be able to experience conducting real descriptive research activities.
  8. Students will be able to apply the right statistical procedure in using statistical tools for the collected data.
  9. Students will be able to analyze the results from the statistical tools.
  10. Students will be able to give a recommendation for decision-making and managerial implication.
Metode PembelajaranDiskusi kelompok, Studi literaturGroup discussion, literature study
Modalitas PembelajaranLuring, daring, asinkronoffline, online, assyncron
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianKuis, UTS, UAS, tugas, presentasiQuiz, mid exam, final exam, assignment, presentation
Catatan Tambahan