Kode Mata KuliahBM3107 / 2 SKS
Penyelenggara104 - Microbiology / SITH
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahOmics Dalam MikrobiologiOmics in Microbiology
Bahan Kajian
  1. Pengantar dan Dasar-Dasar omics: pengenalan umum tentang omik dan pentingnya dalam studi mikrobiologi; sejarah dan perkembangan teknik omics
  2. Konsep dasar dan analisis genomics untuk studi mikroba dan interaksinya dengan berbagai jenis habitat / lingkungan
  3. Konsep dasar dan analisis transcriptomics untuk studi mikroba dan interaksinya dengan berbagai jenis habitat / lingkungan
  4. Konsep dasar dan analisis proteomics untuk studi mikroba dan interaksinya dengan berbagai jenis habitat / lingkungan
  5. Teknik Visualisasi Data Omik: metode visualisasi data untuk representasi grafis hasil analisis omik; heatmaps, network graphs, PCA
  6. Studi kasus analisis genomics
  7. Studi kasus analisis transcriptomics
  8. Studi kasus analisis proteomics
  9. State-of-the-art (kemutakhiran) ilmu omics dalam bidang mikrobiologi dan terapannya
    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. Analisis Big data bidang mikrobiologi (CPL 02)
    2. Berpikir komputasional dalam bidang mikrobiologi (CPL 02)
    3. Interaksi mikroba dengan lingkungannya yang dapat bersifat timbal balik dan memodifikasi satu sama lain (CPL 07)
    4. Diversitas dan dinamika ekosistem mikroba (CPL 07)
    5. Peranan penting mikroba dalam proses-proses yang mendukung kehidupan (CPL 08)
    6. Peranan mikroba dalam menyediakan model-model penting yang memberikan pengetahuan mendasar tentang proses kehidupan (CPL 08)
    7. Menghubungkan data lapangan dan laboratorium untuk menghasilkan hasil yang bermakna bagi masyarakat (CPL 13)
    8. Memahami pentingnya pengetahuan bagi diri sendiri dan Masyarakat (CPL 15)
    9. Mengerti pentingnya pengetahuan yang saling terkait (interdisiplin / multidisiplin) (CPL 15)
      Metode PembelajaranProses belajar dalam kelas, Studi kasus, presentasi
      Modalitas PembelajaranVisual, Auditorial, Kinestetik; Sinkronous, Asinkronous; Luring/Bauran
      Jenis NilaiABCDE
      Metode Penilaian35% UAS, 35% UTS, Tugas 30%
      Catatan Tambahan