Kode Mata Kuliah | BM3107 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 104 - Microbiology / SITH |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Omics Dalam Mikrobiologi | Omics in Microbiology |
---|
Bahan Kajian | - Pengantar dan Dasar-Dasar omics: pengenalan umum tentang omik dan pentingnya dalam studi mikrobiologi; sejarah dan perkembangan teknik omics
- Konsep dasar dan analisis genomics untuk studi mikroba dan interaksinya dengan berbagai jenis habitat / lingkungan
- Konsep dasar dan analisis transcriptomics untuk studi mikroba dan interaksinya dengan berbagai jenis habitat / lingkungan
- Konsep dasar dan analisis proteomics untuk studi mikroba dan interaksinya dengan berbagai jenis habitat / lingkungan
- Teknik Visualisasi Data Omik: metode visualisasi data untuk representasi grafis hasil analisis omik; heatmaps, network graphs, PCA
- Studi kasus analisis genomics
- Studi kasus analisis transcriptomics
- Studi kasus analisis proteomics
- State-of-the-art (kemutakhiran) ilmu omics dalam bidang mikrobiologi dan terapannya
|
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Analisis Big data bidang mikrobiologi (CPL 02)
- Berpikir komputasional dalam bidang mikrobiologi (CPL 02)
- Interaksi mikroba dengan lingkungannya yang dapat bersifat timbal balik dan memodifikasi satu sama lain (CPL 07)
- Diversitas dan dinamika ekosistem mikroba (CPL 07)
- Peranan penting mikroba dalam proses-proses yang mendukung kehidupan (CPL 08)
- Peranan mikroba dalam menyediakan model-model penting yang memberikan pengetahuan mendasar tentang proses kehidupan (CPL 08)
- Menghubungkan data lapangan dan laboratorium untuk menghasilkan hasil yang bermakna bagi masyarakat (CPL 13)
- Memahami pentingnya pengetahuan bagi diri sendiri dan Masyarakat (CPL 15)
- Mengerti pentingnya pengetahuan yang saling terkait (interdisiplin / multidisiplin) (CPL 15)
|
|
---|
Metode Pembelajaran | Proses belajar dalam kelas, Studi kasus, presentasi | |
---|
Modalitas Pembelajaran | Visual, Auditorial, Kinestetik; Sinkronous, Asinkronous; Luring/Bauran | |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | 35% UAS, 35% UTS, Tugas 30% | |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|