Kode Mata KuliahBM3206 / 2 SKS
Penyelenggara104 - Microbiology / SITH
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahBioetika Dalam MikrobiologiBioethic in Microbiology
Bahan Kajian
  1. Aspek keamanan hayati pada kegiatan, berupa penelitian, praktikum, maupun produksi dari suatu produk, berbasis mikroorganisme.
  2. Dapat menjelaskan, membandingkan, dan membedakan "cara berpikir" umum dalam sains (mikrobiologi) dan filsafat (etika).
  3. Dapat mengenali masalah bioetika, menjabarkannya menjadi bagian-bagian kecil (analisis), dan mendiskusikan analisis tersebut melalui komunikasi lisan dan tulisan, baik secara individu maupun dalam kelompok.
  4. Mendekati masalah bioetika dan usulkan solusi yang melampaui disiplin mikrobiologi dan filsafat, namun tetap berakar kuat pada cara mengetahui masing-masing disiplin.
  5. Memperoleh dan memisahkan pengetahuan faktual dari opini di bidang sains dan filsafat.
  6. pemahaman yang mendalam dan keterampilan analitis bagi mahasiswa dalam menghadapi berbagai isu etis yang relevan dalam bidang mikrobiologi
  7. Menunjukkan pemikiran kritis yang baik (yaitu, jelas, logis (koheren dan relevan), luas, mendalam, dan diskriminatif) dalam bioetika melalui lisan dan tulisan
    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. Memahami dampak mikroorganisme terhadap kesehatan dan kualitas lingkungan (CPL 08)
    2. Memahami proses berpikir saintifik dan memiliki kemampuan untuk melakukan risk assessment berbasis bahaya mikroorganisme menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif (CPL 08)
    3. Memahami proses berpikir saintifik dan memiliki kemampuan untuk berfikir kreatif untuk menemukan ide penelitian (CPL 12)
    4. Memahami hubungan antara sains dan kemasyarakatan dan memahami bahwa penelitian merupakan salah satu media untuk berkolaborasi (CPL 12)
    5. Mahasiswa dengan pengetahuan yang diberikan dalam mata kuliah ini diharapkan untuk selalu bekerja dalam rambu-rambu etika internasional, baik dalam lingkungan akademik maupun dalam kehidupan sehari-hari. (CPL 13)
      Metode PembelajaranCeramah, Diskusi Kelompok, Workshop, Pembelajaran berbasis Masalah/Studi Kasus
      Modalitas PembelajaranVisual, Auditorial, Kinestetik; Sinkronous, Asinkronous; Buku teks, slide presentasi dan video pembelajaran.
      Jenis NilaiABCDE
      Metode PenilaianUAS (35%), UTS (35%), Nilai lainnya (30%; terdiri dari Tugas mandiri, tugas kelompok, presentasi singkat, quiz)
      Catatan Tambahan