Kode Mata Kuliah | BM3206 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 104 - Microbiology / SITH |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Bioetika Dalam Mikrobiologi | Bioethic in Microbiology |
---|
Bahan Kajian | - Aspek keamanan hayati pada kegiatan, berupa penelitian, praktikum, maupun produksi dari suatu produk, berbasis mikroorganisme.
- Dapat menjelaskan, membandingkan, dan membedakan "cara berpikir" umum dalam sains (mikrobiologi) dan filsafat (etika).
- Dapat mengenali masalah bioetika, menjabarkannya menjadi bagian-bagian kecil (analisis), dan mendiskusikan analisis tersebut melalui komunikasi lisan dan tulisan, baik secara individu maupun dalam kelompok.
- Mendekati masalah bioetika dan usulkan solusi yang melampaui disiplin mikrobiologi dan filsafat, namun tetap berakar kuat pada cara mengetahui masing-masing disiplin.
- Memperoleh dan memisahkan pengetahuan faktual dari opini di bidang sains dan filsafat.
- pemahaman yang mendalam dan keterampilan analitis bagi mahasiswa dalam menghadapi berbagai isu etis yang relevan dalam bidang mikrobiologi
- Menunjukkan pemikiran kritis yang baik (yaitu, jelas, logis (koheren dan relevan), luas, mendalam, dan diskriminatif) dalam bioetika melalui lisan dan tulisan
|
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Memahami dampak mikroorganisme terhadap kesehatan dan kualitas lingkungan (CPL 08)
- Memahami proses berpikir saintifik dan memiliki kemampuan untuk melakukan risk assessment berbasis bahaya mikroorganisme menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif (CPL 08)
- Memahami proses berpikir saintifik dan memiliki kemampuan untuk berfikir kreatif untuk menemukan ide penelitian (CPL 12)
- Memahami hubungan antara sains dan kemasyarakatan dan memahami bahwa penelitian merupakan salah satu media untuk berkolaborasi (CPL 12)
- Mahasiswa dengan pengetahuan yang diberikan dalam mata kuliah ini diharapkan untuk selalu bekerja dalam rambu-rambu etika internasional, baik dalam lingkungan akademik maupun dalam kehidupan sehari-hari. (CPL 13)
|
|
---|
Metode Pembelajaran | Ceramah, Diskusi Kelompok, Workshop, Pembelajaran berbasis Masalah/Studi Kasus | |
---|
Modalitas Pembelajaran | Visual, Auditorial, Kinestetik; Sinkronous, Asinkronous; Buku teks, slide presentasi dan video pembelajaran. | |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | UAS (35%), UTS (35%), Nilai lainnya (30%; terdiri dari Tugas mandiri, tugas kelompok, presentasi singkat, quiz) | |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|