Kode Mata Kuliah | PL3201 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 154 - Urban and Regional Planning / SAPPK |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Sejarah dan Pemikiran Perencanaan | Planning History and Thought |
---|
Bahan Kajian | - Sejarah Perencanaan
- Perencanaan dan Keputusan Publik
- Praktik Perencanaan (Etika Perencanaan dan Peran Asosiasi Perencana)
| - History of Planning
- Planning and Public Decision-making
- Planning Practice (Planning Ethics and the Role of Planning Associations)
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu menjelaskan alasan perencanaan publik dan makna domain publik.
- Mampu mengaitkan sejarah, nilai, dan metode (prosedur) perencanaan kota dan daerah pada era pramodern, modern, dan post modern
- Mampu membandingkan berbagai rasionalitas dan pendekatan perencanaan
- Mampu menggambarkan peran perencana dan etika perencanaan
- Mampu membahas praktik perencanaan di Indonesia
| - Ability to explain the reasons for public planning and the meaning of the public domain.
- Ability to relate the history, values, and methods (procedures) of urban and regional planning in the pre-modern, modern, and post-modern eras.
- Ability to compare various rationalities and planning approaches
- Ability to describe the role of planners and planning ethics.
- Ability to discuss planning practices in Indonesia
|
---|
Metode Pembelajaran | Flipped classroom (asinkron – sinkron – asinkron): video, bahan bacaan, menuliskan isi (paper review), presentasi, diskusi kelas, dan self-directed learning. | Flipped classroom (asynchronous – synchronous – asynchronous): videos, reading materials, writing papers (paper review), presentations, class discussions, and self-directed learning. |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring/Sinkron | Synchronous and asynchronous learning |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | 1. Ujian Tengah Semester (30%);
2. Ujian Akhir Semester (40%);
3. Tugas (30%) | 1. Midterm Exam (30%)
2. Final Exam (40%)
3. Assignments (30%) |
---|
Catatan Tambahan | Di samping perkuliahan mahasiswa ditugasi untuk membaca bahan rujukan (referensi) bacaan yang disarankan dan dalam seminar kelas membahas beberapa aspek teori perencanaan tertentu. Di dalam penyelenggaraan kuliah juga diadakan diskusi mengenai masalah teori perencanaan dan kasus kasus penerapannya. Penilaian didasarkan kepada karya tulis, presentasi, kuis pada setiap modul. Perkuliahan akan berlangsung 3 jam, dengan jeda 15 menit diantaranya. Bagian pertama, adalah mengenai perkuliahan. Bagian kedua, akan diisi dengan presentasi mhs, atau diskusi kelompok, atau interpretasi mahasiswa di kelas. Untuk keperluan bagian kedua: mahasiswa diminta membuat daftar pertanyaan dan / atau komentar mengenai bahan bacaan. Setelah itu akan didiskusikan di bagian kedua bersama teman. Hasilnya akan dikumpulkan sebagai bagian kelas. | |
---|