Kode Mata Kuliah | BT5211 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 211 - Biotechnology / SITH |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Bioinformatika | Bioinformatics |
---|
Bahan Kajian | - Pengantar Bioinformatika: Revolusi data biologi, big data, definisi bioinformatika
- Database dalam bioinformatika
- Penjajaran urutan DNA/protein
- Analisis filogenetika molekuler
- Perakitan genom prokariot dan eukariot
- Anotasi genom dan prediksi struktur gen dan elemen regulator
- Analisis stuktur RNA dan prediksi struktur protein
- Analisis data multiomik
- Kecerdasan buatan dalam bioinformatika
| - Introduction to Bioinformatics: Biological data revolution, big data, bioinformatics definition
- Databases in bioinformatics
- DNA/protein sequence alignment
- Molecular phylogenetic analysis
- Prokaryote and eukaryote genome assembly
- Genome annotation and prediction of gene structure and regulatory elements
- RNA structure analysis and protein structure prediction
- Multiomics data analysis
- Artificial intelligence in bioinformatics
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa mampu menggunakan keilmuan dan kemampuan praktis bioinformatika dalam memecahkan masalah biologi molekuler/biokimia
- Mahasiswa mampu menggunakan berbagai macam program analisis bioinformatika dengan tepat dan dapat mengaplikasikan pada bidang terkait penelitian bioteknologi modern
- Mahasiswa memahami dapat memilih dan menggunakan database DNA, RNA, Protein dan Metabolit dan dapat mengaplikasikan pada bidang terkait penelitian bioteknologi
- Mahasiswa memahami konsep dasar penjajaran sekuen dan dapat mengaplikasikannya secara tepat
- Mahasiswa mampu memahami dan mengevaluasi relasi struktur dan fungsi dari suatu sekuens pada molekul RNA/Protein
- Mahasiswa mampu melakukan prediksi struktur protein
- Mahasiswa mampu mengolah dan mengintepretasi data multi-omiks
| - Students are able to use the knowledge and practical skills of bioinformatics in solving molecular biology/biochemistry problems
- Students are able to use various kinds of bioinformatics analysis programmes appropriately and can apply them in fields related to modern biotechnology research.
- Students understand how to select and use DNA, RNA, Protein and Metabolite databases and can apply them to the related fields of biotechnology research.
- Students understand the basic concepts of sequence alignment and can apply them appropriately
- Students are able to understand and evaluate the relationship between structure and function of a sequence in RNA / Protein molecules
- Students are able to predict protein structure
- Students are able to process and interpret multi-omics data
|
---|
Metode Pembelajaran | Proses belajar dalam kelas, Penugasan terstruktur, Kegiatan mandiri, Praktikum | An in-class learning process, Structured assignments, Independent activities, Practicum |
---|
Modalitas Pembelajaran | Moda penyerapan: Visual, Auditorial
Moda Pelaksanaan: Sinkronous, Asinkronous | Modes of absorption: Visual, Auditorial
Modes of Execution: Synchronous, Asynchronous |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | UTS 30%; UAS 30%; Praktikum 30%; Kuis 5%; Makalah dan presentasi proyek kelompok 5% | Midterm Exam 30%; Final Exam 30%; Practicum 30%; Quiz 5%; project papers and presentations 5% group; |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|