Kode Mata KuliahBT6132 / 3 SKS
Penyelenggara211 - Biotechnology / SITH
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahBioteknologi lingkungan industri Industrial Environmental Biotechnology
Bahan Kajian
  1. Klasifikasi limbah industri
  2. Aplikasi bioteknologi modern dalam pengolahan limbah industri
  3. Regulasi pengolahan limbah industri
  4. Aplikasi bioteknologi lingkungan modern untuk konservasi sumber daya
  5.  Rekayasa Bioproses
  1. Classification of industrial effluents
  2. Application of modern biotechnology in industrial effluent treatment
  3. Regulation of industrial waste treatment
  4. Application of modern environmental biotechnology for resource conservation
  5.  Bioprocess Engineering
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi jenis dan karakteristik limbah industi
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya suatu masalah lingkungan dari proses industri
  3. Mahasiswa mampu mengidentifikasi pendekatan penanganan masalah lingkungan yang sesuai dalam industri berbasis agen hayati
  4. Mahasiswa mampu menguraikan keunggulan dan kekurangan pendekatan bioteknologi modern dibandingkan dengan pendekatan konvensional
  5. Mahasiswa mampu menggunakan analisis multiomik untuk mengevaluasi proses aplikasi bioteknologi modern
  6. Mahasiswa mampu mengaitkan pendekatan bioteknologi lingkungan modern untuk mengatasi permasalahan lingkungan berdasarkan etika, peraturan perundang-undangan, dan standar baku mutu yang berlaku
  7. Mahasiswa mampu membuat kajian penyebab dampak, resiko, dan rekayasa berbasis bioteknologi yang terjadi dalam suatu industri secara mandiri dan kelompok dalam bentuk paparan lisan dan tulisan
  1. Students are able to identify the types and characteristics of industrial waste
  2. Students are able to explain the factors that cause environmental problems from industrial processes
  3. Students are able to identify suitable approaches to handling environmental problems in bio-agent-based industries
  4. Students are able to describe the advantages and disadvantages of modern biotechnology approaches compared to conventional approaches
  5. Students are able to use multiomics analysis to evaluate the application process of modern biotechnology
  6. Students are able to relate modern environmental biotechnology approaches to overcome environmental problems based on ethics, laws and regulations, and applicable quality standards.
  7. Students are able to make a study of the causes of impacts, risks, and biotechnology-based engineering that occur in an industry independently and in groups in the form of oral and written presentations
Metode PembelajaranCeramah, Diskusi Kelompok, Workshop, Pembelajaran berbasis Masalah/Studi KasusLecture, Group Discussion, Workshop, Problem-based Learning/Case Study
Modalitas PembelajaranModa penyerapan: Visual, Auditorial Moda Pelaksanaan: Sinkronous, AsinkronousModes of absorption: Visual, Auditorial Modes of Execution: Synchronous, Asynchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianUTS 35%, UAS 35%; Nilai lainnya (30%; terdiri dari tugas mandiri, tugas kelompok, presentasi singkat, quizMidterm Exam 35%; Final Exam 35%; Other grades (30%; consists of independent assignments, group assignments, short presentations, quiz)
Catatan Tambahan