Kode Mata Kuliah | BI6090 / 6 SKS |
---|
Penyelenggara | 206 - Biology / SITH |
---|
Kategori | Final Project / Thesis / Dissertation |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Penelitian Magister II A | Magister Research II A |
---|
Bahan Kajian | - Penelitian deskriptif maupun eksperimental
(minimal 80% dari peta jalan riset)
- Laporan tertulis/lisan kemajuan penelitian
| - Descriptive and experimental research
(at least 80% of the research roadmap)
- Research progress report
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Pemahaman Konsep Teoritis: Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dan teori biologi terkait fokus studinya dengan detail dan akurat.
- Penerapan Konsep dalam Penelitian: Mahasiswa mampu menerapkan teori dan konsep biologi dalam merancang serta dalam menganalisis hasil penelitian tersebut.
- Penggunaan Perangkat Lunak Spesialis: Mahasiswa memanfaatkan perangkat lunak khusus untuk analisis biologi dan data secara efektif dan efisien.
- Kemampuan Analisis Data: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data menggunakan metode statistik dan komputasi yang relevan dengan bidang biologi.
- Literasi Digital: Mahasiswa dapat menggunakan alat digital dan sumber daya online untuk mengakses, mengelola, dan menyajikan informasi biologi secara efektif.
- Pengambilan Keputusan Berbasis Data: Mahasiswa mampu mengambil keputusan yang informasinya didukung oleh analisis data ilmiah yang solid.
- Pemikiran Logis: Mahasiswa mampu menggunakan logika dan penalaran yang kuat dalam menguraikan masalah-masalah keilmuan biologi.
- Pemikiran Kritis: Mahasiswa mampu menilai kekuatan dan kelemahan argumen ilmiah, baik dalam karya sendiri maupun orang lain, termasuk evaluasi metodologi, kesimpulan, dan relevansi data.
- Pemikiran Sistematis: Mahasiswa dapat menganalisis dan menyusun komponen atau proses biologi menjadi sebuah sistem yang terorganisir untuk pemahaman yang lebih baik.
- Pemikiran Kreatif: Mahasiswa menunjukkan kemampuan untuk menghasilkan solusi atau gagasan inovatif dalam penelitian atau studi kasus biologi.
- Integritas Akademis dan praktik ilmiah: Mampu menunjukkan standar tinggi terhadap integritas dalam semua aspek penelitian, termasuk kejujuran dalam pengumpulan dan pelaporan data.
| - Understanding of Theoretical Concepts: Students can explain biological concepts and theories related to their focus of study in detail and accurately.
- Application of Concepts in Research: Students are able to apply biological theories and concepts in designing and analyzing the results of the research.
- Use of Specialist Software: Students utilize specialized software for biological and data analysis effectively and efficiently.
- Data Analysis Skills: Students have the ability to collect, process, and analyze data using statistical and computational methods relevant to the field of biology.
- Digital Literacy: Students can use digital tools and online resources to effectively access, manage and present biological information.
- Data Driven Decision Making: Students are able to make informed decisions supported by solid scientific data analysis.
- Logical Thinking: Students are able to use strong logic and reasoning in deciphering scientific problems in biology.
- Critical Thinking: Students are able to assess the strengths and weaknesses of scientific arguments, both in their own and others' work, including evaluation of methodology, conclusions, and relevance of data.
- Systematic Thinking: Students can analyze and arrange biological components or processes into an organized system for better understanding.
- Creative Thinking: Students demonstrate the ability to generate innovative solutions or ideas in biological research or case studies.
- Academic Integrity and scientific practice: Able to demonstrate high standards of integrity in all aspects of research, including honesty in data collection and reporting.
|
---|
Metode Pembelajaran | Penelitian mandiri baik berupa penelitian deskriptif maupun eksperimental dengan dibimbing oleh dosen pembimbing | Independent research in the form of both descriptive and experimental research guided by the supervisor. |
---|
Modalitas Pembelajaran | Menggabungkan berbagai moda penyerapan:
1. Visual melalui referensi buku teks/jurnal
2. Auditorial melalui tanya jawab, dan diskusi
3. Kinestetik melalui penelitian mandiri
Moda Pelaksanaan: Sinkronous Asinkronous | Absorption modes: Visual; Auditorial; Kinesthetic
Mode of implementation: Synchronous and Asynchronous |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Standar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E). Dilakukan secara terpadu untuk menilai:
1. Aspek pengetahuan melalui laporan tertulis dan/atau lisan berupa presentasi kepada dosen pembimbing
2. Aspek keterampilan melalui penilaian peforma penelitian
3. Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitas | Standard letter grades and index grades according to ITB academic regulations (System A, AB, B, BC, C, D, E). |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|