Kode Mata KuliahBI6090 / 6 SKS
Penyelenggara206 - Biology / SITH
KategoriFinal Project / Thesis / Dissertation
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahPenelitian Magister II AMagister Research II A
Bahan Kajian
  1. Penelitian deskriptif maupun eksperimental (minimal 80% dari peta jalan riset)
  2. Laporan tertulis/lisan kemajuan penelitian
  1. Descriptive and experimental research (at least 80% of the research roadmap)
  2. Research progress report
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Pemahaman Konsep Teoritis: Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dan teori biologi terkait fokus studinya dengan detail dan akurat.
  2. Penerapan Konsep dalam Penelitian: Mahasiswa mampu menerapkan teori dan konsep biologi dalam merancang serta dalam menganalisis hasil penelitian tersebut.
  3. Penggunaan Perangkat Lunak Spesialis: Mahasiswa memanfaatkan perangkat lunak khusus untuk analisis biologi dan data secara efektif dan efisien.
  4. Kemampuan Analisis Data: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data menggunakan metode statistik dan komputasi yang relevan dengan bidang biologi.
  5. Literasi Digital: Mahasiswa dapat menggunakan alat digital dan sumber daya online untuk mengakses, mengelola, dan menyajikan informasi biologi secara efektif.
  6. Pengambilan Keputusan Berbasis Data: Mahasiswa mampu mengambil keputusan yang informasinya didukung oleh analisis data ilmiah yang solid.
  7. Pemikiran Logis: Mahasiswa mampu menggunakan logika dan penalaran yang kuat dalam menguraikan masalah-masalah keilmuan biologi.
  8. Pemikiran Kritis: Mahasiswa mampu menilai kekuatan dan kelemahan argumen ilmiah, baik dalam karya sendiri maupun orang lain, termasuk evaluasi metodologi, kesimpulan, dan relevansi data.
  9. Pemikiran Sistematis: Mahasiswa dapat menganalisis dan menyusun komponen atau proses biologi menjadi sebuah sistem yang terorganisir untuk pemahaman yang lebih baik.
  10. Pemikiran Kreatif: Mahasiswa menunjukkan kemampuan untuk menghasilkan solusi atau gagasan inovatif dalam penelitian atau studi kasus biologi.
  11. Integritas Akademis dan praktik ilmiah: Mampu menunjukkan standar tinggi terhadap integritas dalam semua aspek penelitian, termasuk kejujuran dalam pengumpulan dan pelaporan data.
  1. Understanding of Theoretical Concepts: Students can explain biological concepts and theories related to their focus of study in detail and accurately.
  2. Application of Concepts in Research: Students are able to apply biological theories and concepts in designing and analyzing the results of the research.
  3. Use of Specialist Software: Students utilize specialized software for biological and data analysis effectively and efficiently.
  4. Data Analysis Skills: Students have the ability to collect, process, and analyze data using statistical and computational methods relevant to the field of biology.
  5. Digital Literacy: Students can use digital tools and online resources to effectively access, manage and present biological information.
  6. Data Driven Decision Making: Students are able to make informed decisions supported by solid scientific data analysis.
  7. Logical Thinking: Students are able to use strong logic and reasoning in deciphering scientific problems in biology.
  8. Critical Thinking: Students are able to assess the strengths and weaknesses of scientific arguments, both in their own and others' work, including evaluation of methodology, conclusions, and relevance of data.
  9. Systematic Thinking: Students can analyze and arrange biological components or processes into an organized system for better understanding.
  10. Creative Thinking: Students demonstrate the ability to generate innovative solutions or ideas in biological research or case studies.
  11. Academic Integrity and scientific practice: Able to demonstrate high standards of integrity in all aspects of research, including honesty in data collection and reporting.
Metode PembelajaranPenelitian mandiri baik berupa penelitian deskriptif maupun eksperimental dengan dibimbing oleh dosen pembimbingIndependent research in the form of both descriptive and experimental research guided by the supervisor.
Modalitas PembelajaranMenggabungkan berbagai moda penyerapan: 1. Visual melalui referensi buku teks/jurnal 2. Auditorial melalui tanya jawab, dan diskusi 3. Kinestetik melalui penelitian mandiri Moda Pelaksanaan: Sinkronous AsinkronousAbsorption modes: Visual; Auditorial; Kinesthetic Mode of implementation: Synchronous and Asynchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianStandar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E). Dilakukan secara terpadu untuk menilai: 1. Aspek pengetahuan melalui laporan tertulis dan/atau lisan berupa presentasi kepada dosen pembimbing 2. Aspek keterampilan melalui penilaian peforma penelitian 3. Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitasStandard letter grades and index grades according to ITB academic regulations (System A, AB, B, BC, C, D, E).
Catatan Tambahan